Pengembangan e-lkpd model inkuiri pada kegiatan menganalisis proses terjadinya pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi peserta didik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd model inkuiri pada kegiatan menganalisis proses terjadinya pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi peserta didik

Azzaroiha, Cantik (2023) Pengembangan e-lkpd model inkuiri pada kegiatan menganalisis proses terjadinya pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi peserta didik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peserta didik memerlukan kemapuan berargumentasi yang baik untuk mengungkapkan pendapatnya di dalam pembelajaran IPA. Argumentasi berperan dalam membangun pengetahuan peserta didik berdasarkan keyakinan dan alasan yang dimiliki. Penerapan model dan media pembelajaran yang tepat mampu membantu proses belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri pada kegiatan mengenalisis proses terjadinya pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik yang layak berdasarkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian merupakan 25 peserta didik kelas VII di MTS NU Pakis. Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis materi dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perencanaan meliputi pemilihan aplikasi pengembangan yang digunakan kemudian dilanjutkan dengan penentuan struktur E-LKPD dan perancangan tampilan E-LKPD serta penentuan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Tahap pengembangan meliputi pembuatan dan penyusunan E-LKPD secara keseluruhan yang kemudian divalidasi oleh ahli materi maupun ahli media. Tahap implementasi meliputi uji coba pada peserta didik dan penilaian kepraktisan E-LKPD menggunakan angket berdasarkan penilaian guru mata pelajaran IPA dan peserta didik. Kemudian, tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis serta memperbaiki kesalahan yang terjadi pada setiap tahapan. Uji validitas diperoleh hasil rata-rata validasi materi umum sebesar 90,90% dengan kriteria sangat valid, hasil rata-rata validasi materi khusus sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, hasil rata-rata validasi instrumen penilaian sebesar 93,90% dengan kriteria sangat valid, hasil rata-rata validasi media sebesar 93,60% dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan pada guru diperoleh hasil rata-rata sebesar 87,70% dengan kriteria sangat praktis, hasil rata-rata uji kepraktisan pada peserta didik sebesar 87,70% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas diperoleh gain score (N-gain) sebesar 0,52 dengan persentase 52% yang menyatakan bahwa E-LKPD model inkuiri pada kegiatan mengenalisis proses terjadinya pencemaran lingkungan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:27
Last Modified: 25 Jul 2023 08:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item