Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII.8 pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 6 Malang / Eko Yudha Julianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII.8 pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 6 Malang / Eko Yudha Julianto

Eko Yudha (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII.8 pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 6 Malang / Eko Yudha Julianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudha Eko. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair and Share Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII.8 pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. JG. Nirbito M.Pd (2) Dr. Hadi Sumarsono ST. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair and Share Prestasi belajar Pada pembelajaran ekonomi di SMP Negeri 6 Malang umumnya guru masih menggunakan metode ceramah LKS dan masih kurang bervariasi. Kemudian untuk prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII.8 masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung pasif dan sedikit sekali siswa yang mau bertanya apalagi menyampaikan pendapat secara spontan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan juga hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VIII.8 secara umum kurang memuaskan dengan banyaknya siswa yang mengikuti remidi setelah ujian karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan minimal yang ditetapkan SMP Negeri 6 Malang yaitu 72. Selain itu untuk pelajaran ekonomi di kelas VIII.8 guru masih jarang menggunakan pembelajaran kooperatif untuk diskusi kelas sering dilakukan namun masih bersifat tradisional sehingga siswa masih banyak berpusat/bergantung pada teman/guru dan siswa kurang aktif untuk berpikir. Untuk mengatasi permasalahan di atas diperlukan suatu strategi dan metode pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model think pair and share. Metode think pair and share merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan akademik dan memberikan kepada siswa waktu untuk berpikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain struktur yang ada dalam metode think pair and share yaitu siswa diberi waktu untuk berpikir (thinking) bekerja sama dan menyampaikan ide-idenya dengan teman sebangku atau dalam bentuk diskusi kelompok kecil (pairing) dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok kecil kepada diskusi kelas (sharing) sehingga seluruh siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 6 Malang dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model think pair and share dalam pembelajarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penerapan model pembelajaran think pair and share dilakukan pada beberapa siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang diberikan pada awal siklus I dan pada akhir setiap siklus lembar observasi angket kegiatan belajar dan rubrik Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Malang kelas VIII.8 pada semester gasal tahun ajaran 2008-2009. Jumlah siswa sebanyak 39 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan September 2008 sampai dengan bulan Nopember 2008. Dari hasil analisa data dapat diketahui bahwa hasil observasi untuk penilaian psikomotorik siswa dari aspek keaktifan pada siklus I sebesar 64% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 68% (baik) untuk aspek keantusiasan pada siklus I sebesar 48% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 76% (baik) untuk aspek keceriaan pada siklus I sebesar 70% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (sangat baik). Sedangkan untuk hasil angket untuk penilaian psikomotorik siswa dari aspek keaktifan pada siklus I sebesar 67% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 75% (baik) untuk aspek keantusiasan pada siklus I sebesar 76% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 78% (baik) untuk aspek keceriaan pada siklus I sebesar 62% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 63% (baik). Dari hasil analisa prestasi belajar untuk penilaian kognitif pada siklus I untuk pre test jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa (51%) sedangkan untuk post test jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa (58%) dan untuk siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 37 siswa (95%). Dari hasil analisa prestasi belajar untuk penilaian afektif pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa (62%) dan untuk siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 34 siswa (87%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model think pair and share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 6 Malang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah perlu adanya pengkondisian bagi masing-masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran dalam penggunaan model pembelajaran think pair and share penerapan pembelajaran think pair and share hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Untuk peneliti selanjutnya dalam penerapan pembelajaran kooperatif model think pair and share diharapkan adanya penggunaan media pembelajaran yang lebih bervariasi dan dikombinasikan dengan metode pembelajaran yang lain agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain itu guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang memperoleh prestasi belajar di bawah SKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40235

Actions (login required)

View Item View Item