Peningkatan intensitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang melalui metode numbered heads together (NHT) dan metode problem solving pada mata pelajaran ekonomi / Sulastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan intensitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang melalui metode numbered heads together (NHT) dan metode problem solving pada mata pelajaran ekonomi / Sulastri

UNSPECIFIED (2009) Peningkatan intensitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang melalui metode numbered heads together (NHT) dan metode problem solving pada mata pelajaran ekonomi / Sulastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Sulastri. 2009. Peningkatan Intensitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang Melalui Metode Numbered Heads Together (NHT) Dan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi. Program Studi Ekonomi Koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata kunci peningkatan intensitas belajar metode Numbered Heads Together (NHT) metode Problem Solving Pemilihan metode yang kurang tepat media belajar yang kurang bahkan cara mengajar guru yang membosankan bagi siswa merupakan beberapa faktor yang berasal dari guru yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Selama ini yang terjadi kebanyakan metode yang sering diterapkan di SMA Negeri 9 Malang khususnya kelas X adalah metode konvensional di mana peran guru cukup dominan terutama sebagai sumber informasi dan penetapan kebenaran materi. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan siswa pasif menerima informasi/materi yang diberikan guru apa adanya tanpa menyelesaikan dengan informasi lain yang pada akhirnya menyebabkan pengetahuan siswa terlalu sempit dan tidak berkembang. Untuk menyediakan dan memperkaya pengalaman belajar peserta didik pembelajaran di sekolah harusnya berubah dari yang teacher centered menjadi student centered. Penggunaan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggungjawab penuh dalam memahami materi pelajaran baik secara berkelompok maupun individual. Penggunaan metode Problem Solving dapat mendorong siswa untuk berfikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang nantinya akan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan intensitas hasil belajar melalui metode Numbered Heads Together (NHT) dan metode Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.3 sebagai kelompok E1 yang diberi perlakuan metode Numbered Heads Together (NHT) dan siswa kelas X.1 sebagai kelompok E2 yang diberi perlakuan metode Problem Solving. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan rata-rata. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan intensitas belajar melalui metode Numbered Heads Together (NHT) dan metode Problem Solving pokok bahasan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40234

Actions (login required)

View Item View Item