Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo / Sumiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo / Sumiyati

UNSPECIFIED (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo / Sumiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumiyati. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Umi Mintarti W. SE. S.Ak. M.P.Ak. (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata kunci (TPS) Think Pair Share Motivasi Hasil Belajar. Seiring dengan berjalannya waktu dan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan saat ini yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dari pada studentoriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum baru yang diterapkan pada tahun ajaran 2006 maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara memperhatikan siswa menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran selain itu baik murid maupun guru harus memiliki sikap kemampuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan Model Pembelajaran Struktural Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo.(2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar ekonomi siswa setelah diterapan Model Pembelajaran Struktural Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo.(3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Hasil belajar ekonomi siswa diterapan Model Pembelajaran Struktural Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas XA SMA Negeri I Probolinggo. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan induktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Alat pengumpulan data menggunakan Soal tes lembar observasi lembar catatan lapangan angket dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo tahun ajaran 2008/2009. Data untuk motivasi belajar ekonomi siswa dapat diperoleh nilai ratarata pada siklus pertama sebesar 70 61% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 86 62%. Sedangkan Hasil belajar ekonomi siswa juga mengalami peningkatan dimana siklus pertama ditinjau dari aspek Kognitif rata-rata sebesar 68 75% dan pada siklus kedua menjadi sebesar 87 5%. Dari aspek afektif didapat rata-rata pada siklus pertama sebesar 78 12% dan pada siklus kedua sebesar 90 62% Kesimpulan yang dapat diperoleh dari Penerapan pembelajaran kooperatif model struktural tipe Think Pair Share (TPS) (1) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share pada siswa kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa. (2) Motivasi belajar ekonomi siswa kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo setelah diterapkan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share meningkat. (3) Hasil belajar ekonomi siswa kelas X-A SMA Negeri I Probolinggo setelah diterapkan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share meningkat. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri I Probolinggo disarankan untuk mencoba menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share meningkat pada materi permintaan dan penawaran dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share. (2) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri I Probolinggo diharapkan dalam menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share menggunakan variasi permainan sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. (3) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri I Probolinggo disarankan untuk sering memberikan tugas sehingga dapat meningkatkan kerajinan dan kedisiplinan siswa dalam menyelesaikan tugas. (4) Dalam menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Struktural Tipe Think Pair Share guru perlu mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40233

Actions (login required)

View Item View Item