Optimalisasi badan layanan umum daerah sekolah menengah kejuruan negeri dalam menunjang manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan kejuruan (studi multi kasus di SMK di Jawa Timur) - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimalisasi badan layanan umum daerah sekolah menengah kejuruan negeri dalam menunjang manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan kejuruan (studi multi kasus di SMK di Jawa Timur)

Mursanyoto, Heru (2022) Optimalisasi badan layanan umum daerah sekolah menengah kejuruan negeri dalam menunjang manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan kejuruan (studi multi kasus di SMK di Jawa Timur). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badan Layanan Umum Daerah adalah satuan kerja perangkat daerah pada lembaga di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.. Penelitian ini menggunakan empat sekolah yang memiliki keunggulan berbeda-beda dari kelas industri yang tergabung pada SMK BLUD sebagai sumber penelitian. Pemerintah Propinsi Jawa Timur memiliki 20 SMK BLUD, dan terdapat sekolah dengan hasil penjualan produk tertinggi pada setiap Wilayah Kerja (Wilker), sehingga memiliki pendapatan paling besar pada tahun 2021. Wilker I mempunyai SMKN 1 Buduran dengan bidang keahlian Pariwisata, memiliki pendapatan 1.074.035.000, Wilker II SMKN 5 Jember pada Bidang Keahlian Pertanian dengan pendapatan 500.796.294, Wilker III SMKN 2 Malang pada Bidang Keahlian Kesehatan dan Keperawatan dengan pendapatan 700.000.000, dan Wilker IV yaitu SMKN 3 Madiun Bidang Keahlian Teknologi Kimia dengan pendapatan 253.100.000 rupiah. Tujuan penelitian ini memberikan data dan gambaran mengenai perencanaan, pelaksanaan dan penganalisan faktor pendukung dan penghambat yang di empat sekolah tersebut. Harapannya dapat dijadikan acuan untuk meminimalisasi dampak yang ada disekolah lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan multi kasus. Sumber data primer didapatkan dari wawancara dari tiga informan yaitu Kepala Sekolah sekaligus selaku direktur BLUD, Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), dan Bendahara BLUD. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi dan foto. Teknik pengumpulan data melalui observasi pasif yaitu melalui Teknik wawancara dengan informan yang disesuaikan dengan pedoman dan kisi -kisi yang telah disusun,tanpa mengikuti kegiatan informan.. Tahap penganalisisan data dilakukan dalam empat tahap yaitu, data collection yaitu merangkum hasil wawancara terkait BLUD kemudian memfokuskan, mencari tema dan polanya. Data reduction yaitu memisahkan data yang dianggap tidak penting. Data display yaitu menyajikan data dalam bentuk uraian singkat. Conclusion membuat analisis akhir berupa simpulan hasil penelitian. Analisis data pada lintas kasus menggunakan studi komparatif yaitu membandingkan temuan yang diperoleh dari analisis data kasus individu. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data dan teknik. Triangulasi sumber data digunakan mengecek data yang telah diperoleh dari tiga sumber. Triangulasi teknik digunakan untuk mengecek data kepada sumber yang sama namun dengan teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi BLUD SMKN dalam menunjang MBS untuk peningkatan mutu pendidikan kejuruan di Jawa Timur menggunakan beberapa tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi : (1) persiapan sekolah yaitu sosialisasi, (2) Persiapan guru pembagian tugas pada setiap UPS di masing-masing komli, (3) Persiapan siswa dengan melibatkan siswa pada setiap UPS, dan (4) Persiapan strategi dengan memanfaatkan kerjasama dan memanfaatkan media sosial. Tahap pelaksanaan meliputi: (1) Strategi mencapai pendapatan dengan melibakan seluruh warga sekolah dalam pengelolaan, (2) Strategi pemanfaatan tefa denga memanfaatkan produk unggulan masing-masing komli, (3) Strategi pemanfataan fasilitas sekolah dengan menyewakan aula sekolah, dan (4) Strategi pemanfaatan fleksibilitas sekolah dengan memanfaatkan fleksibiltas dengan adanya pendapatan, belanja, pengadaan barang dan jasa, tarif, kerjasama, dan SiLPA. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat pada penelitian ini terbagi menjadi faktor pendukung internal, faktor pendukung eksternal dan faktor penghambat internal serta faktor penghambat eksternal. : (1) Faktor pendukung internal yaitu berasal dari dukungan dan motivasi dari seluruh warga sekolah; (2) Faktor pendukung eksternal terletak pada dukungan pihak industri; (3) Faktor penghambat internal yang berasal dari guru dan siswa yang masih kurang rasa percaya diri dan (4) Faktor penghambat eksternal yaitu terletak pada perizinan orang tua dan persaingan harga serta brand dari luar. Dampak adanya optimalisasi BLUD antara lain : semakin meningkatnya keterserapan lulusan pada dunia industri yang sesuai dengan bidangnya. Siswa dengan mudah terserap di dunia kerja karena industri mitra berlomba-lomba merekrut siswa. Hal ini berdampak juga meningkatkan peminat calon peserta didik baru. Sedangkan bagi guru, dengan adanya optimalisasi BLUD dapat meningkatkan kesejahteraannya, mendapatkan honor sesuai dengan pedum, serta merasakan reward yang diberikan oleh sekolah. Begitu pula sistem pengelolaan keuangan yang lebih tertata dengan baik. Dampak positif tersebut akhirnya membuat citra sekolah di mata masyarakat akan semakin baik dengan tidak diragukannya lagi kualitas produk unggulan sekolah tersebut. Simpulan penelitian ini adalah optimalisasi BLUD SMKN dalam Menunjang MBS untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan di Jawa Timur, didapatkan dari rangkaian proses secara menyeluruh yang terdiri dari : persiapan sekolah dengan sosialiasi, persiapan guru. Siswa dengan pembagian tiap UPS pada masing-masing kompetensi keahlian. Persiapan strategi yang memanfaatkan kerjasama dan media sosial. Strategi pencapaian pendapatan yang melibakan seluruh warga sekolah dalam pengelolaan. Strategi pemanfaatan tefa yang memanfaatkan produk unggulan masing-masing komli. Srategi pemanfataan fasilitas sekolah yaitu menyewakan fasilitas sekolah utamanya aula. Strategi pemanfaatan fleksibilitas sekolah yang memanfaatkan fleksibiltas berupa pendapatan, belanja, pengadaan barang dan jasa serta tarif, kerjasama, dan SiLPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:18
Last Modified: 06 Jul 2023 07:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item View Item