Pengembangan LKS beracuan problem based learning untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika siswa SMK pada materi barisan dan deret aritmetika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKS beracuan problem based learning untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika siswa SMK pada materi barisan dan deret aritmetika

Herdiansyah, Adi (2022) Pengembangan LKS beracuan problem based learning untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika siswa SMK pada materi barisan dan deret aritmetika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul yang digunakan guru pada proses pembelajaran matematika di SMK Negeri 8 Malang lebih menekankan pada materi, contoh soal dan latihan soal. Contoh soal yang diberikan sudah berbasis kontekstual, tetapi kurangnya kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam berbagai pembelajaran. Hampir seluruh siswa dari tahun ketahun memperoleh hasil ujian yang dibawah KKM (kurang dari 60) padal materi barisan dan deret. Rendahnya hasil ujian tersebut dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman siswa atau konsep dasar materi. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) beracuan Problem Based Learning (PBL) untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika siswa SMK Negeri 8 Malang pada materi barisan dan deret aritmetika yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Prosedur penelitian mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dianalisis dengan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Uji kevalidan LKS dilakukan oleh 2 validator, yaitu dosen matematika sebagai validator ahli dan guru SMK Negeri 8 Malang sebagai validator praktisi. Setelah LKS dinyatakan valid, maka LKS diujicobakan kepada siswa kelas XI RPL C tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 33 siswa. Data uji kepraktisan produk diperoleh dari angket respon siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Uji keefektifan produk diperoleh melalui tes formatif dan wawancara kepada subjek uji coba setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tingkat validitas LKS beracuan PBL yang dihasilkan dikategorikan valid dengan skor rata-rata 3.39. Rata-rata skor hasil uji kepraktisan mencapai 4,3 yang berarti dalam kategori praktis. Tingkat keefektifan LKS beracuan PBL yang dihasilkan dikategorikan efektif. Hal tersebut diperoleh dari hasil tes formatif dan pada saat wawancara. Hasil tes formatif dan wawancara menunjukkan bahwa siswa dapat mencari struktur atau pola dari suatu permasalahan, siswa dapat memilih serta menggunakan prosedur dan konsep untuk menyelesaikan masalah, siswa dapat menghubungkan konsep antar matematika atau matematika dengan bidang lain, siswa dapat memeriksa dan menjelaskan solusi dari permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:28
Last Modified: 06 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item