Pengembangan modul elektronik menggunakan exelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola arsip (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang) / Anggun Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik menggunakan exelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola arsip (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang) / Anggun Herawati

Herawati, Anggun (2018) Pengembangan modul elektronik menggunakan exelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola arsip (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang) / Anggun Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Herawati Anggun. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan eXelearning pada Materi Penyimpanan Arsip Sistem Kronologis untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Mengelola Arsip (Studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Moh. Arief M.Si. Kata Kunci Modul Elektronik eXelearning Penyimpanan Arsip Sistem Kronologis Keterampilan Mengelola Arsip Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul elektronik yang dirancang menggunakan eXelearning 2.1.3. Pengembangan e-modul ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul eXelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologis mata pelajaran kearsipan kelas X OTP (2) mengetahui kelayakan modul elektronik eXelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologis yang dikembangkan melalui validasi ahli dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa dalam mengelola arsip antara kelas yang menggunakan modul elektronik eXelearning dan tidak menggunakan modul elektronik eXelearning pada materi penyimpanan arsipsistem kronologis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R D). Rancangan model pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi oleh Dick Carey dengan hanya menjadi delapan langkah penelitian. Peneliti menggunakan angket validasi ahli materi ahli modul elektronik dan angket uji coba kelompok kecil untuk mengetahui kelayakan modul elektronik yang dikembangkan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) produk berupa modul elektronik eXelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologis mata pelajaran kearsipan (2) hasil validasi ahli materi yang menunjukkan 93% dan ahli modul elektronik yang menunjukkan 99%. Berdasarkan dari hasil validasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul elektronik sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan (3) Hasil belajar psikomotorik siswa dalam mengelola arsip siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan hasil untuk kelas kontrol sebesar 83% sedangkan kelas eksperimen sebesar 90 7%. Saran pemanfaatan e-modul eXelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologis bagi siswa yaitu (1) siswa melaksanakan petunjuk penggunaan modul dan mempelajari modul elektronik dengan sungguh-sungguh (2) siswa menanyakan kepada guru materi yang belum dipahami. Saran pemanfaatan e-modul eXelearning bagi guru yaitu (1) guru disarankan menggunakan e-modul eXelearning pada materi penyimpanan arsip sistem kronologis dalam proses pembelajaran (2) Sebaiknya guru mengarahkan siswa untuk mempelajari e-modul eXelearning. Saran pengembangan lebih lanjut e-modul ini adalah melakukan penambahan materi penyimpanan arsip secara keseluruhan atau menambah kompetensi dasar yang terdapat dalam modul elektronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4006

Actions (login required)

View Item View Item