Pengembangan penilaian autentik pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Miftakhul Farida Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan penilaian autentik pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Miftakhul Farida Susanti

Susanti, Miftakhul Farida (2018) Pengembangan penilaian autentik pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Miftakhul Farida Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti M.F. 2018. Pengembangan Penilaian Autentik pada Mata Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang (Kompetensi Dasar Menjelaskan Teknik Penyelenggaraan Rapat dan Menyelenggarakan Rapat Bulanan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Penilaian Autentik Penilaian Sikap Kognitif dan Psikomotorik. Materi administrasi humas dan keprotokolan yang meliputi mengirim pesan kepada publik menyebutkan macam-macam humas dan media humas membuat rencana pertemuan atau rapat teknik-teknik rapat bentuk-bentuk rapat layout tata ruang rapat prosedur pelaksanaan rapat serta sistematika penulisan notula dapat diajarkan secara teoritik yang ditunjang dengan kegiatan praktik. Pembelajaran dengan kegiatan praktik tidak hanya membutuhkan penilaian kognitif tetapi juga membutuhkan penilaian sikap dan psikomotorik yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penilaian dalam kurikulum 2013 harus mengarah pada penilaian autentik yang menekankan pengukuran kompetensi siswa pada ranah sikap kognitif dan psikomotorik berdasarkan proses dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan instrumen penilaian yang dapat memberikan penilaian autentik terhadap sikap kognitif dan psikomotorik siswa. Tujuan utama penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan produk berupa instrumen penelitian sikap kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan. Pengembangan penilaian ini menggunakan langkah-langkah sebagai berikut (1) studi kepustakaan (2) survei lapangan (3) pengembangan instrumen (4) uji coba terbatas (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lebih luas (7) penyempurnaan produk akhir dan (8) desiminasi dan implementasi. Pengembangan ini dilakukan hanya sampai pada tahap kelima. Produk hasil pengembangan ini diuji coba melalui validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi materi dan asesmen dilakukan oleh 2 dosen Manajemen dan 1 guru Pemasaran. Uji coba terbatas penilaian sikap kognitif dan uji keterbacaan penilaian psikomotorik dilakukan terhadap 12 siswa SMK. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase analisis statistika formula koefisien korelasi product-moment Pearson analisis Alpha Cronbach dan deskriptif. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian autentik khususnya sikap kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan dalam bentuk cetak. Hasil validasi materi oleh validator ahli memiliki presentase 93% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Pada penilaian sikap memiliki persentase rata-rata 92 5% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Hasil penilaian kognitif memiliki persentase rata-rata 92 3% dengan kriteria kelayakan sangat layak dan penilaian psikomotorik memiliki persentase rata-rata 92 3% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap valid (rhitung rtabel) antara 0 374 dan instrumen reliabel dengan alpha cronbach antara 0 841-0 921 dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi . Hasil uji respon pada instrumen penilaian psikomotorik dinyatakan sangat sesuai/sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya dengan persentase antara 76%-100%. Berdasarkan hasil validasi ahli serta uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara umum penilaian sikap kognitif dan psikomotorik telah valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item