Pengembangan modul teknologi perkantoran berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar menerapkan pengoperasian transaksi online untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Ture - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul teknologi perkantoran berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar menerapkan pengoperasian transaksi online untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Ture

Kholifah, Yuni Nur (2018) Pengembangan modul teknologi perkantoran berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar menerapkan pengoperasian transaksi online untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Ture. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kholifah Yuni Nur. 2018. Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Guided Inquiry pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd Kata Kunci modul teknologi perkantoran guided inquiry hasil belajar Penelitian pengembangan modul ini dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan Kurikulum 2013 revisi di SMK Negeri 1 Turen. Guru mencari materi dengan menggunakan referensi yang relevan dan dari internet karena tidak adanya buku pegangan yang sesuai dengan kurikulum baru tersebut. Selain itu peserta didik tidak bisa belajar secara mandiri karena minimnnya bahan ajar. Atas dasar pertimbangan tersebut maka dilakukanlah pengembangan modul pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Pengembangan modul ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul Teknologi Perkantoran berbasis Guided Inquiry pada kompetensi dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online (2) untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan melalui hasil validasi oleh ahli modul ahli materi dan respon peserta didik dan (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini memodifikasi model penelitian dan pengembangan Dick and Carey. Ada 10 tahapan dalam model penelitian dan pengembangan Dick and Carey tetapi dalam penelitian dan pengembangan modul ini hanya menggunakan 8 langkah yaitu sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi karakteristik peserta didik (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan butir tes (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar dan (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif. Dengan langkah-langkah tersebut sudah bisa mencapai tujuan dari penelitian dan pengembangan modul ini. Hasil validasi oleh ahli materi ahli modul dan respon peserta didik adalah sangat valid yang menunjukkan bahwa modul Teknologi Perkantoran berbasis Guided Inquiry sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selisih angka kenaikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen juga lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul Teknologi Perkantoran berbasis Guided Inquiry pada kompetensi dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item