Pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Della Claudya Windosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Della Claudya Windosari

Windosari, Della Claudya (2019) Pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Della Claudya Windosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windosari Della Claudya. 2019. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas X Bisnis Manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div M.E. Kata Kunci kebiasaan belajar fasilitas belajar di sekolah hasil belajar Hasil belajar memiliki fungsi yang penting untuk peserta didik maupun guru khususnya untuk melihat seberapa jauh siswa paham dengan materi yang telah disampaikan oleh guru. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. diantaranya yaitu kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (2) pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar dan (3) pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X bisnis manajemen SMK Muhammadiyah 3 Singosari Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah kepada 100 siswa dan menggunakan metode dokumentasi untuk hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 23 .Hasil uji analisis dalam penelitian ini (1) kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 25 2 % (2) fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 24 8% (3) kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 50%. Berdasarkan hasil uji analisis maka kesimpulannya adalah (1) kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (2) fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (3) kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X bisnis manejemen SMK Muhammadiyah 3 Singasari. Saran penulis berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Guru mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan belajar yang baik dan memanfaatkan fasilitas dengan optimal (2) Sekolah dapat meningkatkan kedisiplinan belajar agar siswa memiliki kebiasaan belajar yang baik dan meningkatkan sarana dan prasarana (3) Peneliti Selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan dan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40031

Actions (login required)

View Item View Item