Kinasih, Putri (2018) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika bangsa Kepanjen) / Putri Kinasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Kinasih Putri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci Project Based Learning (PJBL) Aktivitas Siswa Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen serta wawancara yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran ditemukan beberapa permasalahan yaitu 1) peserta didik cenderung pasif dan mudah jenuh pada saat kegiatan pembelajaran terbukti siswa bermain komputer sendiri dan tidak fokus pada materi 2) saat diskusi siswa hanya bergantung pada perseorangan 3) kurangnya guru dalam mengaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari serta masih berpatokan pada buku sebagai sumber belajar. 4) nilai peserta didik masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Dengan melihat permasalahan yang terjadi maka peneliti menerapkan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh dari hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70 83% meningkat menjadi 83 33% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar nilai rata-rata aspek kognitif siklus I sebesar 76 86% menjadi 86 30% pada siklus II dan hasil belajar nilai rata-rata aspek psikomotorik siklus I sebesar 65 51% meningkat menjadi 86 67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran sebagai berikut 1) Bagi siswa diharapkan dapat lebih ikut berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran Teknologi Perkantoran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 2) Bagi guru diharapkan model project based learning dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. 3) Bagi Peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan referensi bagi peneliti lain. Peneliti lain dapat melakukan kolaborasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan model yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |