Perbedaan hasil belajar model pembelajaran two stay two stray dan tari bambu dalam mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas 10 OTP dan 10 BDP SMK PGRI 6 Malang / Angga Bayu Siwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar model pembelajaran two stay two stray dan tari bambu dalam mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas 10 OTP dan 10 BDP SMK PGRI 6 Malang / Angga Bayu Siwi

Siwi, Angga Bayu (2019) Perbedaan hasil belajar model pembelajaran two stay two stray dan tari bambu dalam mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas 10 OTP dan 10 BDP SMK PGRI 6 Malang / Angga Bayu Siwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Siwi Angga Bayu. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS TS) dan Tari Bambu dalam Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas X OTP dan X BDP di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo M.Div. M.E. Kata Kunci Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray TS TS Tari Bambu Sebuah pembentukan kelompok belajar di kelas dalam kegiatan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas kejadian itu yang penulis amati terjadi pada siswa SMK PGRI 6 Malang yang dimana terdapat sekelompok kecil siswa yang membentuk kelompok untuk mengulas pelajaran yang telah mereka terima di kelas bersama teman kelompok yang telah mereka bentuk. Hasil yang didapat adalah terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih baik kepada siswa yang membentuk kelompok dengan siswa lain dibanding dengan siswa yang tidak membentuk kelompok belajar. Sehingga karena hasil observasi tersebut penulis menyimpulkan bahwa siswa di SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan hasil belajar mereka dengan membentuk kelompok belajar dengan siswa lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan metode pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan membentuk kelompok kecil di kelas X OTP dan X BDP SMK PGRI 6 Malang pada materi pembelajaran Ilmu Ekonomi pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Pengujian selanjutnya yaitu penulis melakukan Uji Validitas instrumen yang dilakukan pada 34 siswa SMK PGRI 6 Malang. Tujuan pengujian ini untuk mencari kelayakan instrumen yang dibuat penulis dalam mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Setelah data dikumpulkan dan didapat dari 25 soal terdapat 20 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid sehingga instrumen yang layak diujikan adalah sebanyak 20 soal. Lalu dalam Uji Reliabilitas yang bertujuan untuk melihat seberapa bagus instrumen yang dibuat oleh penulis dalam mengumpulkan data yang diperlukan didapat nilai Alpha sebesar 0 720 yang nilai tersebut lebih tinggi dari nilai r tabel 0 339 yang dapat disimpulkan bahwa instrumen penulis memiliki reliabilitas yang bagus. Setelah itu dalam penentuan kelas penulis melakukan pengumpulan data Pretest di setiap kelas yang mempelajari pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Kelas X OTP dan X BDP mendapatkan nilai signifikan yaitu 0 404 yang dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal diantara kedua kelas tersebut. Lalu penulis melakukan pemberian metode pembelajaran. Langkah-langkah dalam pelaksanaan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS TS) v yang dikemukakan oleh Huda (2013 140) dan Tari Bambu yang dikemukakan oleh Huda (2013 250). Setelah diterapkan metode pembelajaran di dalam kelas penulis melakukan pengumpulan data Post-test yang hasil data Post-test dihitung dalam program SPSS. Hasil yang didapat dari uji Independent Sample T-Test yaitu sebesar 0 005 yang dimana dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan terhadap 2 kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40025

Actions (login required)

View Item View Item