Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X TKR 2 SMK 2 Turen Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Syah Rizal Muhammad Alawi

Alawi, Syah Rizal Muhammad (2018) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X TKR 2 SMK 2 Turen Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Syah Rizal Muhammad Alawi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syah Rizal M A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X TKR 2 di SMK 2 Turen Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir S.Sos M.Si Kata kunci Problem Based Learning Aktivitas dan Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal yang sudah dilakukan di SMK Negeri 2 Turen Kabupaten Malang model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kewirausahaan sudah cukup bervariasi namun terkadang belum bisa berjalan dengan maksimal karena terhalang oleh beberapa hal misalnya sarana dan prasarana terbatasnya materi dalam buku pegangan siswa situasi kelas yang kurang mendukung masih terus beradaptasi dengan kurikulum baru walaupun kurikulum baru telah diterapkan sejak 2 tahun terakhir. Pembelajaran juga terkadang masih berpusat pada guru sehingga terkesan monoton seperti pemberian tugas atau latihan soal yang ada di Lembar Kerja Siswa atau buku pegangan sehingga siswa terkadang kurang aktif untuk kegiatan individu maupun kegiatan kelompok dalam kelas sedangkan dalam kurikulum yang baru menekankan proses pembelajaran berpusat pada siswa yang mampu meningkatkan aktivitas dan berpikir kritis siswa Hasil belajar sebelum dilakukan penelitian diambil dari nilai ulangan harian . Hasil menunjukkan bahwa dari 20 siswa kelas X TKR 2 yang tuntas sesuai dengan KKM sebanyak 10 siswa itu berarti persentase siswa yang tuntas hanya mencapai 50%. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X TKR 2 di SMK 2 Turen dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari laki-laki semua pada tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada ranah kognitif. Aktivitas siswa siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. Pada siklus 1 rata-rata aktivitas siswa 66% sementara pada siklus 2 siswa meningkat 11% dengan persentase 77% sementara itu hasil belajar siswa dalam ranah kognitif siklus 1 dengan rata-rata 79 dengan presentase kelulusannya 75% dan meningkat pada siklus 2 dengan presentase keluusannya 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40017

Actions (login required)

View Item View Item