Putri, Shela Yulianing Eka (2018) Pengaruh literasi ekonomi di sekolah, pendidikan ekonomi keluarga, dan temans ebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lawang / Shela Yulianing Eka Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Putri Shela Yulianing Eka. 2018. Pengaruh Literasi Ekonomi di Sekolah Pendidikan Ekonomi Keluarga dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Lawang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak. Kata Kunci literasi ekonomi di sekolah pendidikan ekonomi keluarga teman sebaya perilaku konsumtif. Literasi ekonomi di sekolah pendidikan ekonomi keluarga dan teman sebaya merupakan beberapa faktor yang dapat mendukung besar kecilnya perilaku konsumtif seorang siswa. Ketika seorang siswa sudah mempunyai dasar pengetahuan ekonomi yang cukup baik dan juga pembiasaan dalam keluarga untuk bersikap rasional dalam pengambilan keputusan maka secara tidak langsung akan mengontrol diri untuk bersikap rasional dalam berkonsumsi. Dalam kenyataannya kedekatan teman sebaya sangat mendukung untuk berperilaku konsumtif. Sebab kebiasaan meniru teman sebayanya dan rasa kurang percaya diri dalam diri siswa. Ilmu ekonomi jika tidak di tunjang dengan tanggung jawab dan niat maka akan sia-sia. Dengan adanya kesadaran serta pemahaman tentang ekonomi yang baik hal tersebut dapat membuat seseorang untuk lebih berhemat dan bertanggung jawab atas pengeluaran yang dimiliki. Pada akhirnya juga dapat menahan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lawang untuk tidak berperilaku konsumtif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi di sekolah pendidikan ekonomi keluarga dan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lawang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lawang sebanyak 166 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh sebanyak 117 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes untuk mengukur variabel literasi ekonomi di sekolah dan angket untuk mengukur variabel pendidikan ekonomi keluarga teman sebaya dan perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh literasi ekonomi di sekolah (X1) terhadap perilaku konsumtif siswa (Y) (2) terdapat pengaruh pendidikan ekonomi keluarga (X2) terhadap perilaku konsumtif siswa (Y) (3) terdapat pengaruh teman sebaya (X3) terhadap perilaku konsumtif siswa (Y). Saran yang diajukan adalah (1) bagi siswa sebaiknya lebih meningkatkan pengetahuan dasar ekonominya. Pengetahuan dasar ekonomi yang sudah baik perlu dikembangkan agar dapat lebih tepat dalam kegiatan ekonomi. (2) bagi orangtua sebaiknya para orangtua lebih memperhatikan pengeluaran yang dilakukan setiap anaknya. Agar orangtua memberikan pembekalan pengetahuan dasar ekonomi yang nyata melalui pembiasaan keteladanan dan penjelasan karena secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi perilaku konsumtif anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/40014 |
Actions (login required)
View Item |