Perbandingan hasil belajar Student Teams Achievement Division (STAD) dan discovery learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang / Ellysa Gardenia Khumaroh

Khumaroh, Ellysa Gardenia (2018) Perbandingan hasil belajar Student Teams Achievement Division (STAD) dan discovery learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang / Ellysa Gardenia Khumaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Khumaroh, Ellysa Gardenia. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Haryono, S.E, M.P., Ak Kata kunci:. Student Teams Achivement Division, Discovery Learning, Perbandingan Hasil Belajar Pembelajaran merupakan proses yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan dalam belajar. Tujuan tersebut tidak terbatas pada transfer pengetahuan guru kepada siswa, tetapi siswa diharapkan mampu menyusun pengetahuannya dengan cara mengkonstruksi sendiri melalui serangkaian kegiatan belajar. Pada proses pembelajaran guru diharuskan memakai model pembelajaran yang dianggap cocok dan sesuai dengan karakteristik siswa, materi, dan tujuan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pokok dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. maka penulis bermaksud melakukan penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivement Division dan Discovery Learning. Sehingga dipilihlah judul ÔÇ£Perbandingan Hasil Belajar Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Ips Sma Brawijaya Smart School (Bss) MalangÔÇØ dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kategori eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan rancangan eksperimen Preetest dan Posttest. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Diantara kedua kelas tersebut mendapatkan perlakuan yang sama dari segi tujuan dan juga materi pembelajaran, akan tetapi antara kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 terdapat perbedaan dari segi model pembelajaran yang diterapkan. Kelas XI IPS 1 diajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning , sedangkan kelas XI IPS 2 diajar dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran, karena selama proses penelitian peserta didik lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif, serta berfikir kritis dalam pembelajaran, materi yang disampaikan tidak membebani peserta didik karena mereka dituntut untuk memecahkan permasalahan dalam diskusi kelompok. Berdasarkan keunggulan tersebut bahwa model pembelajaran Discovery Learning lebih cocok untuk diterapkan pada kelas XI IPS. Hal ini menyebababkan terjadinya perbedaan hasil belajar siswa pada materi Teori Kebijakan Perdgangan Internasional pada mata pelajaran Ekonomi . iii Hasil penelitian yang dilakukan mengenai perbedaan hasil belajar siswa, pada kemampuan awal dan kemampuan akhir yang menerapkan model pemebelajaran Discovery Learning dan STAD dapat disimpulkan secara umum memiliki perbedaan, Model pemebelajaran Discovery Learning lebih cocok diterapkan pada kelas XI IPS SMA Brawijaya Smart School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40013

Actions (login required)

View Item View Item