Penerapan model pembelajaran Numbered Head Tohether (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat 3 (LM) di SMAN 1 Kepanjen / Fransiska Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Numbered Head Tohether (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat 3 (LM) di SMAN 1 Kepanjen / Fransiska Maharani

Maharani, Fransiska (2018) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Tohether (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi kelas X Lintas Minat 3 (LM) di SMAN 1 Kepanjen / Fransiska Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Fransiska. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X (3) LM di SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) keaktifan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang terus mengalami perkembangan. Adapun perkembangan sendiri ditunjukkan untuk perubahan kearah yang lebih baik. Perkembangan inilah yang melatarbelakangi adanya perkembangan pada kurikulum yang diterapkan di sekolah yang semula memakai kurikulum KTSP sekarang berubah menjadi kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 peserta didik dituntut aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan peserta didik mampu memahami dengan sendirinya materi yang diajarkan. Observasi awal penulis di SMA Negeri 1 Kepanjen menunjukkan bahwa di dalam kelas peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran disisi lain guru juga kurang aktif untuk memotivasi peserta didik ikut serta dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang menjadikan pembelajaran hanya didomin asi oleh peserta didik tertentu sedangkan peserta didik yang lainnya hanya terlihat pasif. Dengan pasifnya peserta didik di kelas mengakibatkan hasil belajar peserta didik secara umum masih kurang dari rata-rata hal ini dibuktikan pada nilai peserta didik dimana masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas serta menjadikan peserta didik mudah untuk memahami materi yang sedang dipelajari. Adapun model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi maslah tersebut adalah model pembelajaran Number Head Together (NHT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada siklus I presentase keterlaksanaan pada siklus I sebesar 76 78% sedangkan disiklus II menjadi 84 81%. Selain itu model pembelajaran Number Head Together (NHT) juga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik hal ini dapat diketahui dari peningkatan keaktifan peserta didik sebesar meningkat sebesar 10 143% menjadi 80 33331% pada siklus II. Dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pula dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran ekonomi hal ini terlihat pada siklus I rata-rata nilai post test sebesar 74 57% sedangkan pada siklus II sebesar 91 43%. Beberapa saran yang dapat penulis sampaikan yaitu 1) Bagi sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah tersebut. Serta sebagai alternatif dan pengembangan model pembelajaran sehingga guru dapat menerapkan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi dan lebih terampil untuk merencanakan pengembangan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik matapelajaran menciptakan suasana kerjasama didalam kelas serta suasana belajar yang menyenangkan. 2) Bagi Guru SMAN 1 Kepanjen dapat menerapkan model pembelajaran number head together (NHT) sebagai model alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pendidik dapat memanfaatkan suatu model dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran. 3) Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada subjek materi maupun sekolah yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana keberhasilan model Number Head Together (NHT) diterapkan pada kondisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40012

Actions (login required)

View Item View Item