Efektivitas penerapan model pembelajaran two stay two stray dan rountable terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi bisnis kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Solati Fitriana

Fitriana, Solati (2018) Efektivitas penerapan model pembelajaran two stay two stray dan rountable terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi bisnis kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Solati Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Fitriana, Solati. 2018. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Rountable Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Model Pembelajaran Rountable dan Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar siswa pada kelas X APK 1 dan X APK2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan terakhir siswa yang masih kurang. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray dan model Pembelajaran roundtable . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran two stay two stray dan roundtable terhadap hasil belajar ekonomi bisnis siswa. Hasil belajar yang diukur dalam peneitian ini hanya terbatas pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) desain nonequivalent control group desaign dengan pretest-posttest. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model Two Stay Two Stray. Kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model roundtable. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar yang ditunjukkan dari rata-rata posttest siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil uji hipotesis terhadap posttest terdapat signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai posttest siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran two stay two stray lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran roundtable. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray lebih efektif meningkatkan hasil belajar ekonomi bisnis dari pada model pembelajaran roundtable. Saran dalam penelitian ini diantaranya: 1) Kepala sekolah mendukung guru untuk menerapkan model pembelajaran bervariasi misalnya model two stay two stray agar siswa lebih mudah memahami materi , 2) guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran two stay two stray sebagai alternatif dalam menerapkan model pembelajaran di dalam kelas , 3) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian terkait model pembelajaran two stay two stray.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40011

Actions (login required)

View Item View Item