Pratiwi, Dewi Puspa (2017) Penerapan metode pembelajaran simulasi oleh tutor teman sebaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI APK 4 dalam mata pelajaran menangani surat/dokumen kantor di SMK Negeri 2 Kediri) / Dewi Puspa Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratiwi Dewi Puspa. 2017. Penerapan Metode Simulasi oleh Tutor Teman Sebaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (studi pada siswa kelas XI APK 4 dalam mata pelajaran menangani surat atau dokumen kantordi SMK Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Kata Kunci Metode pembelajaran Simulasi Tutor Teman Sebaya Aktivitas Belajar Hasil Belajar Siswa Kebiasaan siswa yang pasif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi sebagian besar siswa sehingga menimbulkan rasa malu dan takut untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang kurang dipahami. Selain kebiasaan siswa yang pasif pembelajaran yang berpusat kepada guru juga sangat mempengaruhi keaktifan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan penerapan metode pembelajaran yang tepat untuk menarik partisipasi siswa secara keseluruhan sehingga siswa dapat secara aktif menyampaikan pendapat maupun bertanya meski tidak pada guru secara langsung dan juga akan mempermudah siswa dalam pemahaman materi pembelajaran yang terkait. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menangani Surat atau Dokumen Kantor dengan menggunakan metode pembelajaran Simulasi oleh Tutor Teman Sebaya Kompetensi dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah mendistribusikan surat masuk dan keluar menggunakan kartu kendali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 4 sebanyak 35 siswa di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis diakhir siklus nilai dari guru pedoman wawancara lembar observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) mereduksi data 2) penyajian data dan 3) penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Simulasi oleh Tutor Teman Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan persentase aktivitas siswa siklus I adalah 62 3% dan 78 7% pada siklus II. Juga dapat ditunjukkan pada rata-rata nilai post test siklus I adalah 57% dan 91% pada siklus II. Perbandingan rata-rata nilai post test siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 34%. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah supaya bisa berhasil yang perlu diperbaiki oleh guru dalam penerapan metode pembelajaran simulasi oleh tutor teman sebaya adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Selain itu sangat penting dalam pemberian motivasi pada saat simulasi oleh tutor teman sebaya agar dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan dan demokratis. ABSTRACT Pratiwi Dewi Puspa. 2017. The application of Simulation method by Peer Tutoring to enhanceactivities learning are outcomes (Study Of grade XI APK4 in Handling Letter or Office Document Vocational High School 2 Kediri Academic year 2016/2017). Sarjana s Thesis Department of Management the Undergraduate. Program of Education of Office Affair s Administration the Faculty of Economics Universitas Negeri Malang Advisor Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Keywords Simulation methods Peer Tutoring Learning methods Activity learning outcomes. Passive student habits in learning can affect the majority of students causing shame and fear to ask about learning materials that are poorly understood. In addition to the passive habits of students teacher-centered learning also greatly affects the activity of students so that the impact on student learning outcomes. To overcome these problems it is necessary to apply appropriate learning methods to attract students participation as a whole so that students can actively express opinions and questions even if not directly to the teacher and also will facilitate students in understanding the related learning materials. This study was conducted with the aim to improve student learning outcomes on subjects Handle Letter or Office Document by using learning method Simulation by Peer Tutor Basic competence used in this research is to distribute incoming and outgoing mail using control card. The subjects of this study were students of grade XI APK 4 of 35 students in Vocational High School 2 Kediri. This research was conducted in 2 cycles each cycle consist of 4 stages 1) planning 2) implementation 3) observation and 4) reflection. Data collection techniques in this study using written tests at the end of the cycle the value of teachers interview guides observation sheets field notes and documentation. Data analysis in this research is done through three stages namely 1) reducing data 2) data presentation and 3) inference. The results of this study indicate that the application of learning methods Simulation by Peer Tutor can increase student activity and learning outcomes. This is indicated by the comparison of the percentage of student activity cycle I is 62.3% and 78.7% in cycle II. Also can be shown on average post test value of cycle I is 57% and 91% in cycle II. The average comparison of post test value of cycle I and cycle II increased by 34%. Based on these results the suggestion that can be given is that to be successful which needs to be improved by the teacher in the application of the simulation learning method by peer tutor is to give the widest opportunity for the students in order to develop their potential optimally. In addition it is very important in the provision of motivation during the simulation by peer tutors in order to increase student participation in a fun and democratic learning environment.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4001 |
Actions (login required)
View Item |