Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu dengan example non example untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2017/2018 semester genap / Choirul Anam

Anam, Choirul (2018) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu dengan example non example untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2017/2018 semester genap / Choirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Anam, Choirul. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dipadu dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan Keaktifan siswa dan Hasil belajar kelas X KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Examples Non Examples, Keaktifan, dan Hasil Belajar Kurikulum 2013 bertujuan untuk mendorong siswa agar mampu dan lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, menalar dan mengkomunikasikan apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pembelajaran, sehingga nantinya siswa akan memiliki kompetensi sikap, keterampilan serta pengetahuan yang lebih baik. Pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 bukan lagi teacher center, melainkan student center dimana setiap siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dipadu dengan Examples Non Examples dapat membantu siswa dalam belajar sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas X-KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan jumlah 34 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dipadu dengan Examples Non Examples . Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, test, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dipadu dengan Examples Non Examples. Hal ini dapat ditunjukkan hasil keaktifan siswa persentase pada siklus I 72,1%, sementara pada siklus II 81,22% dan siklus III 90,18%. Sedangkan hasil belajar pada ranah kognitif nilai rata-rata sebesar 70,44 sehingga presentase pada siklus I siswa tuntas sebesar 55,88%, dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 78,35 sehingga presentase dari 34 siswa yang tuntas sebesar 73,52%. Sementara nilai rata-rata pada siklus III sebesar 85,20 sehingga presentase dari 34 siswa yang tuntas sebesar 94,11%. Persentase keterlaksanaan tindakan peneliti pada siklus I sebesar 75,83%, dan pada siklus II vi perrsentase sebesar 82,5%. sementara pada siklus 94,1%juga mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD dan Examples Non Examples dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas X-KU SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40009

Actions (login required)

View Item View Item