Pengaruh sosial ekonomi orang tua, jarak tempuh ke sekolah dan sarana prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kabupaten Raja Ampat (Provinsi Papua Barat) / Dominggus Rambo Mayor

Mayor, Dominggus Rambo (2018) Pengaruh sosial ekonomi orang tua, jarak tempuh ke sekolah dan sarana prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kabupaten Raja Ampat (Provinsi Papua Barat) / Dominggus Rambo Mayor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mayor, Dominggus Rambo. 2018. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua, Jarak Tempuh Ke Sekolah Dan Sarana Prasarana Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak. Kata Kunci: Sosial Ekonomi Orang Tua, Jarak Tempuh Ke Sekolah, Sarana Prasarana Sekolah, Motivasi Belajar Siswa Motivasi belajar merupakan faktor penggerak perubahan tingkah laku yang dapat ditingkatkan dengan memberikan pendidikan pada anak. Pendidikan keluarga merupakan bagian jalur pendidikan luar sekolah untuk memberi keyakinan agama, nilai budaya, nilai moral dan keterampilan. Pendidikan yang diberikan oleh keluarga dengan status sosial ekonomi yang berbeda akan memberikan hasil pengarahan yang berbeda pada anak. Perbedaan ini dapat menyebakan perbedaan motivasi yang di dapatkan oleh anak dalam belajar berbeda pula. Jarak tempuh ke sekolah yang jauh juga dapat menurunkan motivasi siswa untuk belajar di sekolah. Faktor Sarana dan prasarana yang belum lengkap pun akan menghambat proses belajar siswa yang akan menurunkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pernyataan sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa? (2) Pernyataan jarak tempuh ke sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa? (3) Pernyataan sarana prasarana berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa? (4) Pernyataan sosial ekonomi orang tua, jarak tempuh ke sekolah dan kondisi sarana prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa?. Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan memberikan sumbangan efektif sebesar 0.75%(2) jarak tempuh ke sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan memberikan sumbangan efektif sebesar 3.94% (3) sarana prasarana sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 14.5% (4) sosial ekonomi orang tua, jarak tempuh ke sekolah, dan sarana prasarana sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 19.3%. Berdasarkan uji analisis, maka dapat ditarik kesimpulan: sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (2) jarak tempuh ke sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (3) sarana prasarana sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (4) sosial ekonomi orang tua, jarak tempuh ke sekolah, dan sarana prasarana sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40008

Actions (login required)

View Item View Item