Efektivitas pelaksanaan program peningkatan produksi tanaman di Kota Malang / Nita Riskiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pelaksanaan program peningkatan produksi tanaman di Kota Malang / Nita Riskiana

Riskiana, Nita (2018) Efektivitas pelaksanaan program peningkatan produksi tanaman di Kota Malang / Nita Riskiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Riskiana Nita. 2018. Efektivitas Pelaksanaan Program Peningkatan Produksi Tanaman di Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Grisvia Agustin S.E. M.Sc Kata Kunci Efektivitas Peningkatan Produksi Tanaman. Kota Malang merupakan salah satu kota yang masih mengembangkan pertanian. Dari data Badan Pusat Statistik Kota Malang semenjak tahun 2000 an lahan pertanian di Kota Malang selalu mengalami penyusutan lahan setiap tahun. Hal ini yang mempengaruhi produksi pertanian Kota Malang mengalami penurunan sehingga bahan pangan seperti padi sebagian harus impor dari wilayah lain. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang membuat Program Peningkatan Tanaman yang bertujuan untuk meningkatan produk pangan daerah. Pengambilan judul Efektivitas Pelaksanaan Program Peningkatan Produksi Tanaman bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari pelaksanaan program yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menjelaskan tentang efektivitas dari pelaksanaan Program Peningkatan Produksi Tanaman di Kota Malang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Program Peningkatan Produksi Tanaman di Kota Malang sudah berjalan cukup bagus melalui intensifikasi pertanian. Analisis efektivitas Program Peningkatan Produksi Tanaman diukur menggunakan empat indikator yaitu efektivitas keseluruhan produktivitas pertumbuhan dan semangat kerja. Dari segi efektivitas keseluruhan program yang dilaksanakan sudah tercapai dengan target apa yang sudah ditetapkan oleh dinas. Untuk indikator produktivitas tanaman padi mengalami peningkatan yang signifikan. Namun pada tanaman holtikultura produktivitasnya tidak dapat diukur secara pasti karena kemajuan dapat dilihat dari kemandirian petani dalam pengadaan sarana dan prasarana produksi dan pencapaian hasil pertanian. Begitu juga dengan tanaman tebu belum bisa diukur secara pasti hasil produksinya karena petani tebu bekerja sama dengan koperasi petani tebu dan pabrik gula setempat. Untuk indikator semangat kerja dapat dikatakan cukup bagus karena semangat petani menjadi semakin bertambah setelah adanya bantuan dari dinas. Namun masih terdapat kendala pada semangat kerja petani holtikultura karena semangat dalam bekerja hanya tinggi pada awal pelaksanaan program saja. Hal ini disebabkan karena pertanian holtikultura bukan menjadi profesi utama masyarakat perkotaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40007

Actions (login required)

View Item View Item