Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari / Lisa Lazuardi

Lazuardi, Liza (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari / Lisa Lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lazuardi, Lisa. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembagunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Mutu pendidikan menekankan pada bagaimana cara mengajar di kelas yang lebih baik sehingga siswa aktif dalam setiap pembelajaran. Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari aspek proses dan aspek hasil. Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila selama kegiatan pembelajaran siswa menunjukkan aktivitas belajar yang tinggi dan terlihat secara aktif baik fisik maupun mental. Sedangkan kualitas pembelajaran dari aspek hasil dapat dilihat apabila terjadi perubahan perilaku yang positif pada siswa serta menghasilkan keluaran dengan prestasi belajar yang tinggi. Model pembelajaran kooperatif yang tepat dan sesuai dengan materi, akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran di kelas, selain itu siswa akan mudah untuk memahami materi. Pada kenyataannya, pembelajaran di kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari menunjukkan siswa yang aktif seperti siswa jarang bertanya dan mengemukakan pendapat serta hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) tahap perancanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Data yang dianalisis berupa keterlaksanaan pembelajaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa melalui post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 5%. Presentase ketuntasan aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,04% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 19,75%. Dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga meningkat sebesar 37,5% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 28,12%. Berdasarkan paparan diatas, hasil penelitian ini penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bisa digunakan sebagai tambahan variasi model pembelajaran guru dan seyogyanya bisa menjadi rujukan bagi peneliti selanjutny, agar bisa memperbaiki atau mengantisipasi yang bisa menjadi kendala dalam proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40003

Actions (login required)

View Item View Item