Penerapan model pembelajaran debate untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS 2 semester genap 2017/2018 di SMA Brawijaya Malang / Farida Husna

Husna, Farida (2018) Penerapan model pembelajaran debate untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS 2 semester genap 2017/2018 di SMA Brawijaya Malang / Farida Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Husna Farida. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Debate untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar SiswaMata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS 2 Semester Genap 2017/2018 SMA BrawijayaMalang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Debate keaktifan belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakuakan oleh peneliti terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di kelas X IIS 2 SMA Brawijaya Smart School Kota Malang. Pada saat kegiatan belajar berlangsung sebagian besar siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran seperti tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi tidak aktif dalam kegiatan tanya jawab ragu untuk mengemukakan pendapat. Selainitupada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang melakukan aktivitas lain di luar kegiatan pembelajaran seperti bermain handphone berbicara dengan teman sebangkunya tidur di dalam kelas dan juga mengganggu siswa lain. Olehkarenaitudenganpenerapan model pembelajaranDebateakanmembuatsiswaterlibataktif di dalamkelasdikarenakanpadakegiatanpembelajarandengan model pembelajaranDebateiniakanterjadinyapembicaraanaktifantarsetiapsiswa yang dapatmembangkitkandayatariksiswauntukturutberbicaradanberpartisipasimengeluarkanpendapat. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui 1) bagaimanapenerapan model pembelajaranDebate padamatapelajaranEkonomikelas X IIS 2 semester genaptahunajaran 2017/2018 SMA Brawijaya Smart School Kota Malang 2) apakahpenerapan model pembelajaranDebate dapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomikelas X IIS 2 semester genaptahunajaran 2017/2018 SMA Brawijaya Smart School Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 semester genaptahunajaran 2017/2018 SMA Brawijaya Smart School Kota Malang yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknikpengamatan/observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa. pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 74 70% termasukkedalamkategoricukupaktif kemudianpadasiklus II persentasekeaktifansiswameningkatsebesar 16 9% sehingga rata-rata keaktifanbelajar di siklus II menjadi 91 60% yang dimanahasiltersebutmasukkedalamkategoriaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40002

Actions (login required)

View Item View Item