Pengaruh intensitas belajar Ekonomi, status sosial ekonomi orangtua, perilaku konsumtif dan pemahaman konsep dasar ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu / Khusniya Fuadiyah

Fuadiyah, Khusniya (2018) Pengaruh intensitas belajar Ekonomi, status sosial ekonomi orangtua, perilaku konsumtif dan pemahaman konsep dasar ekonomi terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu / Khusniya Fuadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fuadiyah Khusniya. 2018. Pengaruh Intensitas Belajar Ekonomi Status Sosial Ekonomi Orangtua Perilaku Konsumtif dan Pemahaman Konsep Dasar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Kota Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata kunci intensitas belajar ekonomi status sosial ekonomi orangtua perilaku konsumtif pemahaman konsep dasar ekonomi rasionalitas ekonomi. Di dalam pemenuhan kebutuhan terdapat halangan atau masalah yang menghambat. Hal tersebut sesuai dengan permasalahan pokok ekonomi yakni tidak seimbangnya kebutuhan manusia dengan alat pemenuh kebutuhan. Sehingga mengharuskan setiap orang untuk mampu berperilaku rasional dalam proses produksi konsumsi dan distribusi sehingga kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang akan teratasi yang berdampak pada terjaminnya kesejahteraan. Intensitas belajar ekonomi siswa yang tinggi dan didorong dengan pemahaman konsep dasar ekonomi yang bagus dan diteruskan dengan pengaplikasian dalam kegiatan berekonomi akan memunculkan rasionalitas ekonomi yang tinggi pada siswa. Selain itu faktor lain dari rasionalitas ekonomi yang tinggi adalah status sosial ekonomi orangtua siswa dan perilaku konsumtif. Jika siswa mampu berperilaku rasional akan berkonsumsi rendah dikarenakan mampu memilih mana yang mereka butuhkan bukan apa yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN Kota Batu yang berjumlah 120 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 92 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskripstif uji asumsi klasik analasis regresi linier berganda uji hipotesis sumbangan efektif dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows. Intensitas belajar ekonomi status sosial ekonomi orangtua perilaku konsumtif dan pemahaman konsep dasar ekonomi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu. Variabel yang dominan dalam mempengaruhi rasionalitas ekonomi siswa yaitu pemahaman konsep dasar ekonomi. Dari hasil penelitian berikut saran yang bisa diberikan bagi para pendidik diharapkan selalu mengembangkan pembelajaran ekonomi untuk para siswa sehingga dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya rasionalitas dalam kegiatan ekonomi. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah variabel lain yang mungkin mempengaruhi rasionalitas ekonomi serta perluasan indikator dari variabel yang sudah digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40001

Actions (login required)

View Item View Item