Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, prestasi belajar, kelompok teman sebaya dan literasi keuangan terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa kelas X OTP dan X BDP di SMK PGRI 6 Malang tahun pelajaran 2017/2018 / Arista Elok Dwi Rangga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, prestasi belajar, kelompok teman sebaya dan literasi keuangan terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa kelas X OTP dan X BDP di SMK PGRI 6 Malang tahun pelajaran 2017/2018 / Arista Elok Dwi Rangga

Rangga, Arista Elok Dwi (2018) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, prestasi belajar, kelompok teman sebaya dan literasi keuangan terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa kelas X OTP dan X BDP di SMK PGRI 6 Malang tahun pelajaran 2017/2018 / Arista Elok Dwi Rangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rangga Arista Elok Dwi. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Prestasi Belajar Kelompok Teman Sebaya dan Literasi Keuangan Terhadap Efisiensi Pengelolaan Uang Saku Siswa di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Prestasi Belajar Kelompok Teman Sebaya Literasi Keuangan dan Efisiensi Pengelolaan Uang Saku. Manajemen keuangan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dan diperlukan oleh semua orang dengan tujuan agar dapat mengelola keuangan dengan baik dan sesuai rencana. Secara sederhana manajemen keuangan dapat dilakukan dengan cara menabung menabung di bank rumah ataupun media lainya. Pengelolaan keuangan remaja termasuk dalam hal pengeluaran keuangan tidak lepas dari yang namanya kontrol keluarga terkhusus orang tua. Ini dikarenakan pemasukan keuangan anak bersumber dari orang tua serta perubahan gaya hidup dan kebebasan financial membuat orang tua harus lebih banyak berkomunikasi dengan anak untuk mengendalikan perilaku konsumsi anak. Dengan demikian diperlukan pembahasan apakah ada pengaruh atau tidaknya Status Sosial Ekonomi Prestasi Belajar Kelompok Teman Sebaya dan Literasi Keuangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket dan nilai siswa di semester ganjil. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) yang mengkaji pengaruh langsung maupun tak langsung status sosial ekonomi orang tua prestasi belajar kelompok teman sebaya dan literasi keuangan terhadap efisiensi pengelolaan uang saku. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang yang terdiri dari jurusan OTP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) dan BDP (Bisnis Daring Pemasaran). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan analisis regresi dengan uji selisih mutlak dengan bantuan SPSS versi 16.0 for window. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara langsung positif berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku (2) prestasi belajar secara langsung positif berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku (3) kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku dan (4) literasi keuangan berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku. ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/40000

Actions (login required)

View Item View Item