Pengaruh literasi ekonomi, status sosial ekonomi orangtua dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Mia Agustina Alfadhilah

Alfadhilah, Mia Agustina (2018) Pengaruh literasi ekonomi, status sosial ekonomi orangtua dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Mia Agustina Alfadhilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfadhilah, Mia Agustina 2018.Pengaruh Literasi Ekonomi, Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Modenitas individu Terhadap Perilaku Menabung Pada Mahasiswa Prodi S1 pendidikan ekonomi Angkatan Tahun 2014 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W., S.E.,M.P.,Ak. Kata Kunci : literasi ekonomi, status sosial ekonomi orangtua, modernitas individu, perilaku menabung Literasi ekonomi, status sosial ekonomi orangtua dan modernitas individu merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku menabung. Mahasiswa dengan literasi ekonomi yang tinggi, dan mampu menerapkan dalam kegiatan ekonominya pasti akan memahamipentingnya menabung. Dengan literasi ekonomi tersebut, mahasiswa akan lebih mudah menyisihkan uang sakunya yang diperoleh dari orangtua. Uang saku mahasiswa ini dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orangtua. Sehingga status sosial ekonomi orangtua merupakan pendorong mahasiswa untuk menabung. Dengan adanya perkembangan teknologi, mahasiswa diharapkan bisa mengikuti perkembangan tersebut terutama keranah positif salah satunya dalam hal fasilitas menabung yang efektif. Pada akhirnya ketiga hal tersebut diharapkan akan terus meningkatkan perilaku menabung mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang dalam menabung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara literasi ekonomi, status sosial ekonomi orangtua dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2014 Universitas Negeri Malang secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 186 mahasiswa. Pegambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, dan diperoleh sample sebanyak 127 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket untuk mengukur variabel status sosial ekonomi orangtua, modernitas individu dan perilaku menabung. Sedangkan tes untuk mengukur variabel literasi ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh literasi ekonomi (X1) terhadap perilaku menabung mahasiswa (Y) (2) terdapat pengaruh status sosial ekonomi orangtua (X2) terhadap perilaku menabung mahasiswa (Y) (3) terdapat pengaruh modernitas individu (X3) terhadap perilaku menabung mahasiswa (Y). Saran yang bisa diberikan yaitu (1) bagi pendidik perlu mengembangkan pembelajaran ekonomi untuk para mahasiswa yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya menabung. Sebaiknya pendidik menghubungkan konsep-konsep ekonomi dengan kegiatan sehari-hari mahasiswa. (2) Bagi Mahasiswa agar dapat lebih memahami pentingnya menabung dan menerapkan konsep-konsep ekonomi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39997

Actions (login required)

View Item View Item