Penerapan model pembelajaran Jigsaw dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gondanglegi / Cici Priya Mustika

Mustika, Cici Priya (2018) Penerapan model pembelajaran Jigsaw dan talking stick untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gondanglegi / Cici Priya Mustika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mustika, Cici Priya. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Prof. Dr. Sri Umi Mintatarti W. SE. Ms. Ak Kata Kunci : Jigsaw, Talking Stick, Keaktifan, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan masalah yang ditemukan pada kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gondanglegi yaitu siswa kurang aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, siswa cepat merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran hal ini meyebabkan hasil belajar yang kurang baik atau dibawah KKM yang telah ditetapkan SMAN 1 Gondanglegi yaitu 75. Banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM, siswa juga kurang aktif dalam pembelajaran seperti bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya model pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dengan masing-masing siklus sebanyak 3 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Gondanglegi dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar keterlaksaan model pembelajaran, lembar observasi keaktifan dan soal tes. Hasil analisis data yang dilaksanakan diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dan talking Stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Dapat diketahui keaktifan siswa meningkat dari siklus I sebesar 62,51% meningkat sebesar 78,06% dan hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dapat di ketahui melalui post test siklus I sebesar 77,80 meningkat pada siklus II sebesar 80,35. Hasil tersebut diperoleh dari observasi untuk keaktifan dan tes untuk hasil belajar ranah kognitif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick dapat Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gondanglegi. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan pertama, bagi guru khususnya guru mata pelajaran ekonomi dapat menerapkan model ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kedua, bagi sekolah diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi sekolah dan dapat dijadikan referensi bagi guru SMAN 1 Gondanglegi untuk menerapkan model Jigsaw dan Talking Stick dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah. Terakhir, bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan pembelajaran dan mengembangkan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dan Talking Stick.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39995

Actions (login required)

View Item View Item