Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2017/2018 / Yovita Fillia Nanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2017/2018 / Yovita Fillia Nanda

Nanda, Yovita Fillia (2018) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2017/2018 / Yovita Fillia Nanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nanda Yovita Fillia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div. M.E. Kata Kunci Mind Mapping Hasil Belajar Kreativitas. Pendidikan dapat berjalan baik jika ditunjang dengan adanya proses pembelajaran yang efektif. Guru harus mampu menciptakan proses belajar yang mudah dan menyenangkan untuk menarik minat siswa. Proses pembelajaran juga harus meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa adalah model pembelajaran mind mapping. Hasil belajar siswa yang rendah ditujukkan dengan 50% siswa di kelas X IPS 1 belum mencapai KKM. Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh kurangnya antusias siswa sulitnya siswa memahami inti materi dan sulitnya siswa mengingat kembali pelajaran yang telah diperoleh. Sedangkan kreativitas yang rendah ditunjukkan dengan catatan siswa yang monoton dan tidak terstruktur sehingga siswa bosan untuk membaca ulang materi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa setelah diterapkannya model pembelajaran mind mapping pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam tiap siklus. Data dalam penelitian ini diambil melalui observasi teknis tes dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil belajar siswa dari rata-rata hasil belajar siklus 1 senilai 82 meningkat menjadi 85 pada siklus 2. Ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus 1 sebesar 72% menjadi 89% pada siklus 2. Kreativitas siswa juga meningkat ditunjukkan dengan mind mapping siswa yang masuk dalam kategori sangat baik (A) meningkat dari 2 orang pada siklus 1 menjadi 10 orang pada siklus 2. Hasil kreativitas mind mapping secara kelompok juga meningkat dari kategori baik (B) dan cukup baik (C) pada siklus 1 menjadi kategori sangat baik (A) dan baik (B) pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping berjalan dengan baik. pembelajaran mind mapping juga dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang. Disarankan untuk guru ekonomi menjadikan model pembelajaran mind mapping sebagai salah satu referensi model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran mind mapping pada materi ekonomi yang lain agar lebih dapat mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item View Item