Analisis upaya guru untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Yulina Afriati

Afriati, Yulina (2018) Analisis upaya guru untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang / Yulina Afriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Afriati, Yulina . 2018. Analisis Upaya Guru untuk Meningkatkan Minat belajar siswa pada Mata Pelajran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Dr. Hj. Lisa Rohkmani. M.Si., Kata Kunci : Faktor ÔÇô Faktor, upaya Guru, faktor pendukung dan faktor penghambat. Mata pelajaran ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran di jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial dan menjadi mata pelajaran lintas minat bagi jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa dan Budaya. Tujuan pembelajaran ekonomi di SMA sesuai silabus kurikulum 2013 adalah agar siswa mampu menjadi warga negara yang memiliki kesadaran, pemahaman,dan kemampuan mengelola sumber daya alam serta menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan yang bervariasi dengan sumber daya yang terbatas melalui kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi dalam konteks kecintaan pada bangsa dan tanah air dengan memanfaatkan teknologi secara bijak, percaya diri, dan berkarakter. Selain itu tujuan pembelajaran ekonomi adalah agar siswa dapat mencapai kompetensi pembelajaran. Setiap peserta didik harus memiliki minat yang tinggi dalam belajar agar tujuan belajar tersebut dapat tercapai. Faktor ÔÇôfaktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa perlu diketahui untuk memahami kondisi minat belajar siswa. Minat belajar siswa perlu di tingkatkan dan dikembangkan. Siswa kelas XI IPS SMAN 1 Gondanglegi memiliki minat yang kurang dalam belajar mata pelajaran ekonomi sehingga perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Selain minat siswa, dibutuhkan pula peran dan usaha guru untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dipaparkan menggunakan kalimat verbal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan trianggulasi sumber data, trianggulasi teknik dan catatan lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara terperinci dan relatif akurat yang jelas dan nyata tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, upaya-upaya yang dilakukan guru mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang, serta mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung upaya guru tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yakni (1) Kondisi kesehatan siswa saat mengikuti proses pembelajaran, (2) Motivasi diri siswa, (3) Kebutuhan dan kesadaran siswa atas pentingnya belajar ekonomi (4) Tanggung jawab melaksanakan kurikulum yang berlaku, (5) Cara mengajar guru, (6) Lingkungan ii Sekolah/kondisi ruang kelas, (7) Hubungan/relasi siswa dengan siswa, (8) Hubungan/relasi siswa dengan guru. Kemudian untuk upaya guru yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah Memberi angka, angka yang diberikan guru akan memotivasi siswa jika angka tersebut baik, dan sebaliknya, membentuk kelompok belajar siswa baik dalam diskusi maupun tugas rumah, sarkasme, nasehat dan pemberian motivasi dari guru, pengelolaan kelas, pemberian sanksi dan reward, gaya mengajar guru dan pemberian humor. Selanjutnya terdapat faktor pendukung dan penghambat upaya guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Faktor pendukung tersebut yakni: sarana dan prasarana sekolah yang lengkap dalam memenuhi proses belajar siswa dan ketersediaan buku pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Faktor penghambat upaya guru untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah berasal dari dalam diri siswa yakni kurangnya kedisiplinan siswa dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39991

Actions (login required)

View Item View Item