Pengaruh self control dan critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2015 / Anwar Husain

Husain, Anwar (2018) Pengaruh self control dan critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2015 / Anwar Husain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Husain, Anwar. 2018. Pengaruh Self Control dan Critical Thinking Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Self control, critical thinking, prestasi belajar Mahasiswa dalam proses mencapai prestasi belajar diperlukan kemampuan kontrol diri dan kemampuan berpikir kritis. berdasarkan masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian mengenai prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) bagaimana pengaruh antara self control terhadap prestasi belajar mahasiswa (2) bagaimana pengaruh antara critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa (3) bagaimana pengaruh antara self control dan critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh self control dan critical thinking terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2015. Pengumpulan data dengan menggunakan angket kepada 119 sampel mahasiswa dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda program SPSS Versi 16. Hasil uji analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) self control berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 28,9% (2) critical thinking berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 14,6% (3) self control dan critical thinking berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 43,5%. Berdasarkan hasil uji analisis maka dapat ditarik kesimpulan: (1) self control berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2015 (2) critical thinking berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2015, (3) self control dan critical thinking berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2015. Didalam penelitian ini penulis memberikan saran kepada: (1) dosen hendaknya tidak hanya menekankan mahasiswa dalam aspek kognitif atau intelegensi saja dalam proses mencapai prestasi belajar, akan tetapi aspek perilaku juga perlu perhatian lebih. Meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dapat dilakukan dengan menanamkan kontrol diri mahasiswa agar dapat lebih memilih tindakan yang dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan motivasi disetiap pertemuan agar mahasiswa selalu memlilih tindakan yang dapat meningkatkan prestasi belajarnya. (2) Peneliti Selanjutnya diharapkan meneliti faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39989

Actions (login required)

View Item View Item