Pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu tahun ajaran 2017/2018 / Ayu Rohmahtun Nikmah

Nikmah, Ayu Rohmahtun (2018) Pengaruh literasi ekonomi, pendidikan ekonomi dalam keluarga dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu tahun ajaran 2017/2018 / Ayu Rohmahtun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nikmah AyuRohmahtun. 2018. PengaruhLiterasiEkonomi PendidikanEkonomidalamKeluargadan Gaya HidupterhadapPerilakuKonsumsiSiswaKelas XI IPS SMAN 1 BatuTahunAjaran 2017/2018.Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sri UmiMintarti W. SE MP Ak Kata Kunci literasiekonomi pendidikanekonomidalamkeluarga gayahidup danperilakukonsumsi Perilakukonsumsitidakhanyadialamiolehmanusiadewasasaja namunjugamelandaaktivitasekonomipararemajaterutamadalammelakukantindakan konsumsi.Usiaremajadalamhalinisiswa SMA adalahgenerasi yang mudahterpengaruholehperkembanganzaman karenamerekacenderungmasihbersifatemosionaldalambertindak khususnyadalamperilakuberkonsumsi yang tidakdidasarkanpadakebutuhanmelainkankarenaalasaninginmencobaprodukbaru menjagagengsi sertamengikuti mode yang sedang hits saatini salahsatunyaadalahgayaberpenampilan. Beberapafaktor yang mempengaruhiperilakukonsumsipadasiswayaituliterasiekonomi pendidikanekonomidalamkeluargadangayahidup. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahui (1) pengaruhliterasiekonomiterhadapperilakukonsumsi (2) pengaruhpendidikanekonomidalamkeluargaterhadapperilakukonsumsi (3) pengaruhgayahidupterhadapperilakukonsumsi dan (4) pengaruhliterasiekonomi pendidikanekonomidalamkeluarga dangayahidupterhadapperilakukonsumsisiswakelas XI IPS SMAN 1 Batutahunajaran 2017/2018. Penelitianinimengunakanrancanganpenelitiankuantitatifeksplanatoridenga nbantuan program SPSS Statistics 16. Populasipenelitianiniadalahsiswakelas XI IPS SMAN 1 Batutahunajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 siswa.Teknikpengambilansampelmenggunakanteknikproportional random sampling.Teknikpengambilan data menggunakantesdanangket. Berdasarkananalisis data tersebut diperolehkesimpulanbahwa (1)literasiekonomiberpengaruhpositifterhadapperilakukonsumsisebesar 13 29 % (2) pendidikanekonomidalamkeluargaberpegaruhpositifterhadapperilakukonsumsiseb esar 12 04% (3) gayahidupberpengaruhpositifterhadapperilakukonsumsisebesar 19 31% (4) literasiekonomi pendidikanekonomidalamkeluargadangayahidupberpengaruhpositifsecarasimultan terhadapperilakukonsumsisiswasebesar 44 7%. Saran yang bisadiberikan (1) Guru Ekonomidiharapkandapatmenanamkannilaisikapberupacontoh yang konkritmengenaiperilaku yang baikdalamberkonsumsi agar siswadapatmencapaitujuanpembelajaransertamembiasakandiripadaperilakukonsu msi yang baik yang telahdiajarkan (2) Orang tuadiharapkanmenjadipanutanbagianaknya agar ii dapatmembentuksikapdanberpikirrasionalketikaberkonsumsi (3) siswadiharapkandapatmematuhiperintahmaupunnasihattentangperilakukonsumsid ariorangtuadangurunyauntukmenjadipribadi yang lebihbaik (tidakboros) dalamberkonsumsi (4) penelitiselanjutnyauntukdapatmemperluasvariabel lain diluarvariabel yang digunakandalampenelitianini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39988

Actions (login required)

View Item View Item