Analisis penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Malang / M. Rowi Mustofa

Mustofa, M. Rowi (2018) Analisis penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Malang / M. Rowi Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mustofa, M. Rowi.2018. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang: Pembimbing: RoÔÇÖufah Inayati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: penerapan, pendidikan karakter, mata pelajaran Ekonomi Pendidikan karakter menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah degradasi moral yang dihadapi Indonesia saat ini. Pendidikan karakter tidak bisa secara langsung mengubah generasi Indonesia menjadi lebih baik, ada proses-proses yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Guru harus mampu memasukkan karakter tersebut pada materi yang diajarkan. Karakter-karakter tersebut harus dimasukkan dalam semua pelajaran yang diajarkan termasuk matapelajaran Ekonomi. Ada 5 karakter utama yang harus dimasukkan dalam materi yang diajarkan dalam matapelajaran Ekonomi, yaitu religi, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong. Fokus dalam penelitian ini yaitu menganalisis penerapan pendidikan karakter pada matapelajaran Ekonomi kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik snowball sampling. Terwujud dengan hasil wawancara dan hasil observasi di kelas X IPS 3 SMAN 9 Malang. Hasil observasi terwujud dalam observasi yang dilaksanakan tanggal 5 Februari 2018, 12 Februari 2018 dan 14 Februari 2018. Hasil wawancara berupa data yang didapat pada wawancara yang dilakukan kepada guru ekonomi dan siswa kelas X IPS 3 SMAN 9 Malang. Analisis data menggunakan proses pengumpulan data, reduksi data, display, dan simpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk menjaga keabsahan data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, pertama, penerapan pendidikan karakter pada matapelajaran Ekonomi oleh guru. Kedua, tanggapan siswa terhadap pendidikan karakter pada materi yang diberikan. Ketiga, faktor pendukung keberhasilan penerapan pendidikan karakter dalam matapelajaran Ekonomi di kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Malang. Hasil analisis diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Ada 3 kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini. Pertama, lima karakter yang disampaikan oleh guru yakni karakter religi, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong beserta contoh-contohnya. Kedua, tanggapan yang diberikan oleh siswa sesuai dengan penerapan pendidikan karakter yang diberikan oleh guru. Ketiga, adanya faktor fasilitas pendukung penerapan pendidikan karakter di SMA Negeri 9 Malang sehingga penerapannya dapat berjalan maksimal. Saran penelitian ini ada tiga. Pertama bagi Sekolah, Sekolah harus mampu membuat lingkungan kondusif tetap terjaga serta mengelola fasilitas yang ada agar penerapan pendidikan karakter pada matapelajaran Ekonomi tetap baik atau menjadi lebih baik lagi. Kedua bagi guru mata pelajaran Ekonomi, Guru hendaknya mencari berbagai cara yang efektif untuk menerapkan pendidikan karakter pada matapelajaran Ekonomi. Ketiga bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan referensi dan masukan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39987

Actions (login required)

View Item View Item