Cahyanti, Lina Nur (2018) Penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada kelas X3 di MAN Kota Batu) / Lina Nur Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Cahyanti Lina 2018. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar (studi pada kelas X3 MAN Kota Batu). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Make A Match Aktivitas belajar Hasil belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan di MAN Kota Batu ketika peneliti melakukan Kajian Praktek Lapangan (KPL) dapat diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas X3 siswa hanya terdiam ketika guru ekonomi memberi pertanyaan ada beberapa siswa ketika melakukan diskusi hanya mengandalkan temannya yang dianggap pintar dan ketika proses belajar mengajar berlangsung beberapa siswa keluar masuk kelas ada yang sering izin ke toilet siswa mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya hal ini dapat berdampak pada hasil belajar yang rendah di kelas X3 jika dibandingkan dengan kelas X lainnya. Kurangnya aktivitas siswa dan hasil belajar yang rendah di kelas X3 ini disebabkan karena guru hanya menerapkan model ceramah dan diskusi biasa sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Dalam model ceramah siswa cenderung bosan pasif dan kurang bersemanga tmengikuti pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan hasil nilai ulangan harian siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). KKM yang ditetapkan oleh MAN Kota Batu untuk mata pelajaran ekonomi adalah 75. Sebagian besar dari siswa kelas X3 belum mencapai kriteria KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Dari 30 siswa terdapat 20 % atau 6 siswa yang nilainya sudah memenuhi KKM dan yang 80 % atau 18 siswa masih belum memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk mencapai nilai sesuai kriteria KKM masih tergolong rendah. Sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut agar pembelajaran berjalan dengan lancer dan menyenangkan sebagaimana yang terdapat di RPP. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran ekonomi kelas X3 MAN Kota Batu. (2) Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X3 MAN Kota Batu. (3) Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat mneingkatkan hasil belajar siswa kelas X3 MAN Kota Batu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X3 MAN Kota Batu yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data penelitian ini melalui (1) wawancara (2) observasi (3) Tes. Uji instrument dilakukan melalaui (1) Uji Validitas (2) Reabilitas. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu (a) Reduksi data (b) Penyajian data (c) Penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. ii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan tindakan model pembelajaran make a match dapat diketahui dari masing-masing setiap siklus keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78 13% (Baik) meningkat di siklus II menjadi 81 25% (Baik Sekali) dan di siklus III meningkat lagi menjadi 95 31% (Baik Sekali). Hasil dari aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata siklus I II dan III mengalami peningkatan secara signifikan dari siklus I sebesar 56 5% (Cukup) meningkat di siklus II sebesar 71 5% (Baik) dan pada siklus III sebesar 84 25% (Baik Sekali). Untuk data hasil belajar siswa ini pengumpulan datanya yaitu melalui test dilihat dari rata-rata presentase dari siklus I melalui posttest sebesar 23 33% (Sangat Kurang) pada siklus II rata-rata presentase sebesar 53 33% (Kurang) dan pada siklus III rata-rata presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 86 67% (Baik Sekali). Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini yaitu (1) penerapan model pembelajaran make a match dapat dilaksanakan sesuai RPP dan berjalan dengan lancer. (2) penerapan model pembelajaran make a match dapat mneingkatkan aktivitas belajar siswa. (3) penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi guru ekonomi dapat menjadikan model make a match sebagai alternative pembelajaran agar bervariasi sehingga siswa tidak bosan. (2) bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan refrensi bagi peneliti lain dapat menerapkan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran lain yang membuat siswa menjadi aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39986 |
Actions (login required)
View Item |