Pengaruh modernitas, kecerdasan emosional, dan literasi keuangan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitasa Negeri Malang angkatan 2015 / Masulatul Fitri

Fitri, Masulatul (2018) Pengaruh modernitas, kecerdasan emosional, dan literasi keuangan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitasa Negeri Malang angkatan 2015 / Masulatul Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fitri, Masulatul. 2018. Pengaruh Modernitas, Kecerdasan Emosional, Dan Literasi Keuangan Terhadap Rasionalitas Konsumsi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang Angkatan 2015. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Agung Haryono, S.E.,M.P.,Ak. Kata kunci: modernitas, kecerdasan emosional, literasi keuangan, rasionalitas konsumsi. Modernitas, kecerdasan emosional, dan literasi keuangan merupakan sebagian faktor yang dapat mempengaruhi rasionalitas berkonsumsi seseorang. Ketiga hal tersebut mampu menjadi referensi seseorang dapat melakukan konsumsi secara rasional ataupun tidak. Tingginya pengaruh globalisasi mempengaruhi rasionalitas konsumsi yang dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa Ekonomi Pembangunan khususnya angkatan 2015 mempunyai bekal pemahaman yang lebih tentang ekonomi sehingga memiliki kecakapan di bidang ekonomi untuk bertindak secara rasional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh modernitas, kecerdasan emosional, dan literasi keuangan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2015 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 382 mahasiswa yang terdiri dari program studi ekonomi pembangunan murni dan pendidikan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus slovin sehingga diperoleh 195 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengumpulan datanya menggunakan angket/kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel modernitas ( ) sebesar 0,188, kecerdasan emosional ( ) sebesar 0,275, dan literasi keuangan ( ) sebesar 0,186, terhadap rasionalitas konsumsi (Y). Kecerdasan emosional memiliki pengaruh terbesar karena mahasiswa ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2015 sudah dapat menyeimbangkan antara emosional dan rasionalitas berkonsumsinya. Dari keseluruhan variabel yaitu literasi keuangan dan modernitas, literasi keuangan memiliki pengaruh yang paling rendah terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa ekonomi pembangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2015. Saran yang diajukan adalah (1) Bagi Mahasiswa yang sudah modern, mempunyai kecerdasan emosional yang baik dan literasi keuangan yang baik, seharusnya mempunyai rasionalitas konsumsi yang baik pula. (2) Bagi peneliti lain, Diharapkan peneliti lain dapat meneliti rasionalitas konsumsi berdasarkan keputusan dalam pembelian tidak hanya terpacu pada modernitas, kecerdasan emosional, dan literasi keuangan, namun dapat menggunakan variabel lainnya yang lebih berpengaruh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39985

Actions (login required)

View Item View Item