Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas IPS 1 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang smester genap tahun ajaran 2017/2018 / Mohammad Burhanudin

Burhanudin, Mohammad (2018) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas IPS 1 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang smester genap tahun ajaran 2017/2018 / Mohammad Burhanudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Burhanudin, Mohammad. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebagai upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap Kelas IPS 1 Angkatan 2016 SMAN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sapir S.os., M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Kurikulum 2013 memiliki suatu orientasi yang berfokus pada siswa. Siswa dituntut untuk belajar sendiri, mencari tahu sendiri, sedangkan guru sebagai pendamping untuk para siswa. Kemampuan memecahkan masalah menjadi penting saat ini karena akan berdampak kepada pola pikir dan kemampuan berpikir kritis siswa, agar siswa selalu mempertimbangkan informasi yang mereka dapat sehingga siswa tidak asal menerima informasi secara mentah tanpa tahu kebenarannya. Dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat membantu siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi kelas IPS 1 Angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini dilaksankan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IPS 1 Angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang dengan jumlah 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan tahun ajaran 2017-2018. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa hasil observasi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. Instrumen yang digunakan yaitu soal pre test dan post test, lembar observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah melakukan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata aspek kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori baik, Kemudian hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IPS 1 angkatan 2016 SMA Negeri 6 Malang. Guru mata pelajaran Ekonomi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi namun perlu disesuaikan dengan materi dan alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39984

Actions (login required)

View Item View Item