Analisis minat menjadi guru setelah pelaksanaan kajian praktik lapangan (studi kasus pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014) / Yuli Ekawati

Ekawati, Yuli (2018) Analisis minat menjadi guru setelah pelaksanaan kajian praktik lapangan (studi kasus pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014) / Yuli Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ekawati Yuli. 2018. Analisis Minat Menjadi Guru Setelah Pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Haryono SE M.P. Ak. Kata Kunci Minat Kajian Praktik Lapangan Guru. Mahasiswa program studi kependidikan seyogyanya akan menjadi guru dan dihadapkan pada mata kuliah Kajian Praktik Lapangan sebagai bekal sebelum lulus dan menjadi guru. Seiring dengan berjalannya waktu pemikiran mahasiswa untuk menjadi guru setelah Kajian Praktik Lapangan bervariasi. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis minat mahasiswa program studi S1 Pendidikan Ekonomi terhadap profesi guru setelah pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner wawancara dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrumen penelitian yaitu kuesioner pedoman wawancara voice recorder dan kamera. Wawancara dilakukan dengan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 memiliki minat yang bervariasi dalam menjadi guru setelah pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan menurut 10 informan yang telah ditetapkan oleh peneliti sebagai subyek penelitian (2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi minat mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 menjadi guru setelah pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan adalah faktor internal dan faktor eksternal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 menjadi guru tinggi dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Saran dalam penelitian ini adalah bagi Universitas Negeri Malang berkaitan dengan kelengkapan sarana prasarana adanya pengarahan sebelum pelaksanaan KPL adanya sosialisasi lamanya pelaksanaan KPL serta materi perkuliahan saran bagi mahasiswa KPL yakni kesiapan pemahaman ilmu kependidikan inovasi pembelajaran perancangan perangkat pembelajaran serta bimbingan kepada dosen dan guru pamong dan bagi peneliti lain yakni untuk refrensi penelitian selanjutnya mengenai minat menjadi guru setelah pelaksanaan KPL agar lebih beragam dan mendetail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39983

Actions (login required)

View Item View Item