Anggraini, Diah Ayu Febri (2018) Penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dielaborasikan dengan talking stick pada mata pelajaran Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-F SMA Negeri 10 Malang / Diah Ayu Febri Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Anggraini Diah Ayu Febri. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dielaborasikan dengan Talking Stick pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS-F SMA Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir S.Sos M.Si Kata Kunci STAD Talking Stick Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS-F SMAN 10 Malang masih rendah hal ini terbukti saat ulangan harian dari 33 siswa hanya ada 10 siswa yang tuntas. Siswa siswi kelas XI IPS-F juga kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi pembelajaran. Saat dilakukan metode diksusi kelompok kerja sama dan tanggung jawab terhadap kelompoknya masih kurang sehingga banyak siswa yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Berdasarkan masalah tersebut maka dibutuhkan metode pembelajaran yang mampu membuat siswa memiliki dua tanggung jawab yaitu kepada dirinya sendiri dan terhadap kelompok sehingga dapat mendorong siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan membuat siswa mudah untuk memahami materi pembelajaran. Adapun salah satunya yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif STAD dielaborasikan dengan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-F di SMAN 10 setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif STAD dielaborasikan dengan Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-F SMAN 10 Malang yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa ranah kognitif yang berasal dari nilai post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif STAD dielaborasikan dengan Talking Stick pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-F SMAN 10 Malang. Pada siklus I nilai rata-rata post test 79.37 dengan presentase ketuntasan 56.25% (18 siswa) pada siklus II nilai rata-rata post test 84.24 dengan presentase ketuntasan sebesar 81.81% (27 siswa). Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah metode pembelajaran kooperatif STAD dielaborasikan dengan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS-F SMAN 10 Malang. Oleh karena itu disarankan pada guru dapat menjadikan elaborasi metode pembelajaran tersebut sebagai alternative metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi sekolah dapat menjadikan elaborasi metode pembelajaran tersebut sebagai pilihan untuk menciptaan proses pembelajaran yang efektif serta bagi pembaca dan peneliti lain dapat mengelaborasikan dengan teknik pembelajaran lain yang lebih bervariasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39982 |
Actions (login required)
View Item |