Pengaruh kemandirian belajar dan rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang / Marceliyana Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemandirian belajar dan rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang / Marceliyana Rachmawati

Rachmawati, Marceliyana (2018) Pengaruh kemandirian belajar dan rasa percaya diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang / Marceliyana Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rachmawati Marceliyana. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Rasa Percaya diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Agung Haryono S.E A.k M.P. Kata kunci Kemandirian Belajar Rasa Percayadiri Siswa Prestasi Belajar Dalam proses pembelajaran yang dilakukan disekolah peserta didik mendapatkan hasil belajar melalui evaluasi pembelajaran. Evaluasi dapat berupa tes lisan tes tulis yang biasanya dilakukan pada saat ulangan harian UTS maupun UAS. Dari hasil belajar tersebut pada akhir semester dilaporkan kepada orang tua peserta didik. Guru dapat melihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi terutama pada pelajaran ekonomi melalui prestasi belajar mereka. Pada umumnya siswa tidak mandiri dalam belajar ekonomi terlihat saat siswa mengerjakan ulangan masih terdapat siswa yang kurang percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Sehingga siswa lebih memilih bertanya pada teman sebangku ataupun melihat jawaban teman yang lain. Prestasi belajar yang didapat siswa jadi tidak maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang Pengaruh kemandirian belajar rasa percayadiri terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 180 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 124 sampel siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling dengan cara pengambilan secara acak berdasarkan jumlah sampel yang sudah ditentukan. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskripstif uji asumsi klasik analasis regresi linier berganda uji hipotesis sumbangan efektif dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan sebagai beriku terdapat pengaruh positif secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Malang. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka saran sebagai berikut (1) bagi sekolah diharapkan memberikan fasilitas buku dari berbagai sumber ataupun artikel yang berhubungan dengan materi ekonomi yang sedang dipelajari dan pemberian akses wifi untuk mengakses sumber sumber lain yang ada di website namun juga dibutuhkan pemberian blokir pada akun- akun tertentu yang tidak menunjang pembelajaran mandiri. (2) Bagi Guru diharapkan perlu memberikan kegiatan presentasi kelompok ataupun individu untuk melatih siswa agar lebih percayadiri untuk mengutarakan pendapat didepan kelas (3) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti prestasi belajar siswa dengan sudut pandang aspek dan latar belakang yang berbeda serta menggunakan variabel lainnya sehingga dapat diketahui apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39981

Actions (login required)

View Item View Item