Penerapan metode pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Okky Kodrat Priambodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Okky Kodrat Priambodo

Priambodo, Okky Kodrat (2018) Penerapan metode pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Okky Kodrat Priambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Priambodo Okky Kodrat. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Metode Pembelajaran Tipe Jigsaw Keaktifan Hasil Belajar Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang bisa maksimal dalam mengikuti pembelajaran seperti halnya ada beberapa siswa yang berbicara dengan temannya dan juga ada beberapa siswa yang terlihat mengantuk saat kegiatan pembelajaran berlangsung hal ini menyebabkan keaktifan siswa yang rendah sehingga membuat hasil belajar siswa kurang memuaskan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada awal penelitian di kelas X Administrasi Perkantoran masih banyak siswa yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan terlihat hanya beberapa siswa saja yang mau antusias seperti menjawab pertanyaan dan memperhatikan guru menerangkan dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran selain itu masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM dan hanya beberapa siswa yang mampu memperoleh nilai diatas KKM dengan perbandingan 61 % siswa memperoleh nilai di bawah KKM dan hanya 39% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM. Hal ini didasarkan oleh pembelajaran yang kurang kondusif dan juga banyak siswa yang terlihat bosan dengan pembelajaran sehingga membuat siswa kurang akti dalam pembelajaran dan hasil bealajar kurang memuaskan. Hal ini yang membuat peneliti ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Tipe Jigsaw untuk menngkatkan keaktifan dan hasil nelajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdapat 2 pertemuan setiap pertemuan memiliki 2JP x 45 menit. Setiap siklus mencakup 3 runtutan pembelajaran yakni pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas Administrasi Perkantoran dengan jumlah 33 siswa data diperoleh dari lembar observasi pre test dan post test serta dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dengan penerapan metode jigsaw pada kelas X Administrasi Perkantoran telah mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada setiap siklusnya hal ini dapat diketahui dari rata-rata keaktifan meningkat dari siklus I (64 32) siklus II (65 14) dan siklus III (80 25) dan ratarata hasil belajar juga meningkat pada Siklus I (63 36 %) siklus II (75 76 %) dan siklus III (81 82%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39980

Actions (login required)

View Item View Item