Pengaruh literasi ekonomi, penggunaan e-commerce, dan self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa D1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggun Melisa

Melisa, Anggun (2018) Pengaruh literasi ekonomi, penggunaan e-commerce, dan self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa D1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014 / Anggun Melisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Melisa, Anggun. 2018. ÔÇ£Pengaruh Literasi Ekonomi,Penggunaan E-commerce, dan Self-efficacy terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Malang Angkatan 2014ÔÇØ. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Agung Hayono S.E., M.P., Ak Kata Kunci: Literasi Ekonomi, E-commerce, Self-Efficacy, Minat Berwirausaha Berwirausaha tidak harus dimulai saat seorang mahasiswa telah lulus dari perguruan tinggi. Berwirausaha dapat dilakukan bahkan ketika seorang mahasiswa masih berada dalam bangku perkuliahan. Dengan bekal yang dimiliki mulai dari pelajaran yang diperoleh dari mata kuliah kewirausahaan dan mata kuliah ekonomi lainnya, pemanfaatan e-commerce, self-efficacy maka seharusnya dapat meningkatkan dan menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sehingga ketika menjadi sarjana mahasiswa tidak sekedar menjadi seorang pegawai tetapi dapat sekaligus menjadi seorang wirausahawan yang bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh literasi ekonomi, penggunaan e-commerce, self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa baik secara simultan maupun parcial. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksplanasi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 22 for Windows. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014 yang berjumlah 186mahasiswa. pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling dan ditemukan sampel berjumlah 186 mahasiswa dan ditemukan sampel sejumlah 127 mahasiswa.Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara literasi ekonomi, penggunaan e-commerce, dan self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukan sumbangan efektif literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 5.86%, penggunaan e-commerce terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 14.07%, self-efficacy terhadap minat berwirausaha mahasiswa sebesar 34.29% dan sisanya sebesar 45.78% dipengaruhi oleh factor lain diluar penelitian ini. Saran dalam penelitian ini yaitu, bagi mahasiswa bisa meningkatkan dan mewujudkan minat berwirausahanya, bagi pemerintah dan Fakultas Ekonomi perlu diupayakan pembuatan kurikulum, pembelajaran serta tenaga pendidik yang kompeten dan juga danya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kewirausahaan, bagi Peneliti Selanjutnya, perlu dilakukan kajian mendalam mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39978

Actions (login required)

View Item View Item