Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI lintas minat SMA Negeri 2 Malang / Siska Evrilya

Evrilya, Siska (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI lintas minat SMA Negeri 2 Malang / Siska Evrilya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Evrilya, Siska. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sapir, S.Sos., M.Si. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament, keaktifan, hasil belajar Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 2 Malang. Permasalahan yang terjadi meliputi rendahnya hasil belajar siswa dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan permasalahan, dapat diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung permainan dan penguatan. Fokus penelitian untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa baik kognitif maupun afektif pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan indeks harga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 2 Malang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan keaktifan siswa, di mana persentase rata-rata siklus 1 sebesar 73.96%, dan pada siklus 2 meningkat sebesar 13.34% menjadi 87.6%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada siklus 1 sebesar 81.1, pada siklus 2 sebesar 89.64 meningkat 8.54. Hasil belajar kognitif siswa ikut meningkat dengan rata-rata siklus 1 sebesar 78.54, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 85.16. Saran yang diberikan peneliti dari penelitian ini adalah dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament guru hendaknya memperhatikan materi pokok yang akan disampaikan dan membuat alokasi waktu yang tepat. Bagi sekolah hendaknya mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi. Serta bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan dari penelitian ini serta dapat mengolaborasikan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan model pembelajaran lain agar lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39977

Actions (login required)

View Item View Item