Pengaruh kebiasaan belajar dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen / Moren Siska Arbaweni

Arbaweni, Moren Siska (2018) Pengaruh kebiasaan belajar dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen / Moren Siska Arbaweni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 RINGKASAN Siska Arbwaweni, Moren. 2018. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Penggunaan Smartphone dalam Proses Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th.,M.Div.,M.E Kata Kunci: Kebiasaan belajar, Penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran, hasil belajar ekonomi. Pendidikan di sekolah sangat berperan penting dalam pembentukan karakter dalam diri siswa. Peningkatan potensi yang terjadi pada seseorang itu menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar di sekolah. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa adalah kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan yang efektif diperlukan oleh setiap individu dalam kegiatan belajarnya, karena sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar yang akan diraih. Selain kebiasaan belajar, perkembangan teknologi dan informasi juga mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga berpengaruh pada pendidikan siswa. Hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen dapat dipengaruhi oleh kedua faktor di atas yaitu kebiasaan belajar dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kebiasaan belajar dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen baik parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 136 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Cochrandengan teknik ÔÇ£proportional sistematic samplingÔÇØ, dan diperoleh 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kebiasaan belajar dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Turen baik parsial maupun simultan. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru di SMA Negeri 1 Turen, sebaiknya meningkatkan kedisiplinan waktu mengajar agar efisien saat perpindahan jam pelajaran dan melakukan pengawasan kepada siswa untuk membatasi akses internet yang tidak sesuai dengan materi pelajaran, seperti penyitaan smartphone siswa jika melanggar peraturan.(2) bagi SMA Negeri 1 Turen pembentukan peraturan yang lebih tegas terkait sanksi jika siswa kurang disiplin saat mengikuti pelajaran dikelas. Selain itu, (3) bagi mahasiswa yang meneliti kebiasaan belajar dan penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran hendaknya dapat mengembangkan lebih mendetail lagi, seperti penambahan indikator-indikator, jumlah populasi sehingga dapat memaksimalkan hasil penelitian yang cakupannya lebih luas dan berguna bagi pihak-pihak terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39975

Actions (login required)

View Item View Item