Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kels X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang / Nella Anggraini Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kels X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang / Nella Anggraini Lestari

Lestari, Nella Anggraini (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kels X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang / Nella Anggraini Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lestari Nella Anggraini. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. AK Kata Kunci Model Pembelajaran KooperatifTipe Two Stay Two Stray Aktivitas Belajar Siswa Hasil BelajarSiswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada pada kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang permasalahan tersebut adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan hasil ulangan mata pelajaran ekonomi yang rendah. Berdasarkan fakta yang ada 60% siswa memperoleh nilai yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan kurang sesuai dengan karakteristik siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan (2) peningkatan hasil belajar ekonomi setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi catatan lapangan dokumentasi serta soal pre test dan post test. Subjek penelitian kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang objek penelitian Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada presentase rata-rata aktivitas belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang. Peningkatan sebesar 10 47% dari siklus I adalah 70 82% dan menjadi 81 29% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang terlihat dari nilai rata-rata siswa pada pre test dan post test siklus I yaitu 64 43 menjadi 72 dengan presentase ketuntasan57 14%. Pada siklus II rata-rata nilaipre test dan post test juga mengalami peningkatan dari 67 14 menjadi 82 43 dengan presentase ketuntasan 88 57%. Adapun saran yang diberikan yaitu 1) Bagi sekolah yaitu sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas siswa dan ketrampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran yang bervariasi pada semua mata pelajaran 2) Bagi guru khususnya guru mata pelajaran ekonomi yaitu model pembelajaran two stay two stray ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan materi yang sesuai digunakan untuk menerapkan model ini 3) Bagi peneliti lain yaitu dapat dijadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan untuk melakukan kegiatan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dan materi yang berbeda dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39974

Actions (login required)

View Item View Item