Pengaruh efikasi diri dan lingkungan sosial siswa terhadap kegiatan berjualan di sekolah (studi pada siswa yang melakukan kegiatan berjualan secara konvensional di SMA Negeri 1 Turen) / Rifan Andika

Andika, Rifan (2018) Pengaruh efikasi diri dan lingkungan sosial siswa terhadap kegiatan berjualan di sekolah (studi pada siswa yang melakukan kegiatan berjualan secara konvensional di SMA Negeri 1 Turen) / Rifan Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andika, Rifan. 2018. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Sosial Siswa Terhadap Kegiaytan Berjualan di Sekolah (Studi kasus pada siswa yang melakukan kegiatan berjualan secara konvensional di SMA Negeri 1 Turen). Skripsi, Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E., M.Pd. Kata Kunci : Efikasi Diri, Lingkungan Sosial, Kegiatan Berjualan Kegiatan siswa berjulan di Sekolah menunjukan tingkat minat berwirausaha siswa secara nyata. Faktor yang mempengaruhi minat siswa untuk berwirausaha berasal dari fakotr internal siswa dan eksternal siswa. Salah satu faktor internal adalah efikasi diri dan faktor eksternal adalah lingkungan sosial siswa. Kedua faktor tersebut dapat mendorong siswa dalan melakukan kegiatan berwirausaha, melakukan kegiatan berjualan secara konvensional contohnhya. Faktor-faktor yang mendukung akan menjadikan kegiatan berjualan mencapai keberhasilan usaha. Dari latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara efikasi diri dan lingkungan sosial terhadap kegiatan berjualan siswa secara konvensional di Sekolah. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan peneliti ini untuk menganalisis apakah ada pengaruh efikasi diri dan lingkungan sosial terhadap kegiatan berjualan siswa secara konvensional di Sekolah (Studi pada siswa yang melakukan kegiatan berjualan secara konvensional di SMA Negeri 1 Turen). Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Turen yang melakukan kegiatan berjualan baik secara online maupun konvensional yang diperoleh sebanyak 96 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 35 siswa. Analisis data regresi linier berganda dalam penelitian ini menggunakan SPSS for Windows Version 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efikasi diri dan lingkungan sosial mempunyai pengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kegiatan siswa berjualan secara konvensional di SMA Negeri 1 Turen. Pengaruh simultan sebesar 73,45%. Sedangan pengaruh parsial masing masing viii variable menyumbang sebesar 35,28% efikasi diri dan 38,16% lingkungan sosial. Lingkungan sosial mempunyai pengaruh dominan terhadap kegiatan berjualan secara konvensional di SMA Negeri 1 Turen. Saran yang dituju peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagi Guru (2) Bagi Sekolah (3) Bagi Peneliti Selanjutmya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39973

Actions (login required)

View Item View Item