Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa di SD kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Novita Mar'atin Sholekah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa di SD kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Novita Mar'atin Sholekah

Sholekah, Novita Mar'atin (2018) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa di SD kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Novita Mar'atin Sholekah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Sholekah Novita Mar atin. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div. M.E. Kata Kunci Make A Match Keaktifan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan kerja sama ekonomi antarnegara siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penggunaan siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap satu siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yakni rata-rata keaktifan 68 9 pada siklus I tergolong dalam kategori cukup pada siklus II rata-rata 81 3 tergolong dalam kategori baik. Peningkatan keaktifan belajar siswa yang dicapai sebesar 12 4%. Hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I 77 8 tergolong dalam kategori baik pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 88 5 tergolong dalam kategori baik. Peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 10 7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Malang. Dari penelitian yang digunakan disarankan bagi guru menggunakan model Make A Match untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39971

Actions (login required)

View Item View Item