Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Rivky Fajar Lazuardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Rivky Fajar Lazuardi

Lazuardi, Rivky Fajar (2018) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Rivky Fajar Lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Lazuardi Rivky Fajar. 2018. Implentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajar Kewirausahaan Kelas XI Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen) . Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Keaktifan dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan dalam kelas XI Akuntansi (AK) siswa yang masih pasif dan hasil belajar tergolong rendah dan kurang memuaskan. Hal tersebut dikarenakan siswa masih tidak mau belajar materi yang di sampaikan oleh guru siswa belum siap setiap kali akan dilakukan proses pembelajaran bahkan masih kurang percaya diri dalam mengeluarkan ide atau gagasannya. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi (AK) tersebut kurang memuaskan sehingga nilai mata pelajaran kewiraushaan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini di perlukan adanya inovasi atau variasi dalam proses belajar mengajar. Peneliti ingin melaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) untuk meingkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Alasan memilih model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dikarenakan model ini dapat membantu siswa lebih aktif dan hasil belajar akan lebih baik pada mata pelajaran Kewirausahaan. hasil belajar Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen setelah diterapkannya model TGT tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 3 siklus. Pada setiap siklusnya dibagi menjadi 2x pertemuan yang memiliki 2 x 45 menit. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dengan jumlah 22 siswa dan data yang diperoleh yaitu dari lembar observasi pre test dan post test serta dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran Team Games Tournament ini menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa pada siklus I adalah 61 17% pada siklus II 68 97% dan siklus III adalah 78 30% untuk rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 77 72% siklus II yaitu 81 36% dan siklus III yaitu 88 18%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe TGT (Team Games Tournament) mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Saran yang penulis berikan bagi sekolah diharapkan model Team Games Tournament ini mejadi pilihan alternatif untuk diterapkannya pada mata pelajaran lain guna untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dan bagi penulis diharapkan agar lebih fokus terhadap sesuatu yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39969

Actions (login required)

View Item View Item