Penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Review) dengan model pembelajaran time token Arends untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Malang / Beatriks Melaniyanti Lili - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Review) dengan model pembelajaran time token Arends untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Malang / Beatriks Melaniyanti Lili

Lili, Beatriks Melaniyanti (2018) Penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Review) dengan model pembelajaran time token Arends untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Malang / Beatriks Melaniyanti Lili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lili Melaniyanti Beatriks. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) dengan Model Pembelajaran Time Token Arends pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Strategi pembelajaran PQ4R (Preview Question Read Reflect Recite Review) dan Time Token Arends Hasil Belajar. Hasil observasi awal di SMA Laboratorium UM kelas X IPS 1 menunjukan bahwa hasil belajar siswa dibawah standar sebesar 75%. Berdasarkan pada hasil observasi awal peneliti dan juga hasil wawancara dengan guru ekonomi partisipasi siswa terhadap pembelajaran sangat bagus namun ketika ulangan harian berlangsusng haisl belajar yang diperoleh kelas tersebut sering dibawah KKM yang ditentukan dan kenyamanan siswa terhadap metode ceramah yang diterapkan. Sehigga membuat siswa sering mengobrol dengan teman sebangku. Ada siswa yang mengobrol tentang materi yang dipelajari dan ada juga yang bercerita diluar materi. Oleh karena itu diperlukan model yang memenuhi kebutuhan siswa suatu model yang tepat serta menyenangkan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan perpaduan Strategi Pembelajaran PQ4R dengan model pembelajaran Time Token Arends pada mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di SMA Lab. UM untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah Kognitif. Model pembelajaran PQ4R dan Time Token Arends merupakan model pembelajaran yang menyenangkan yang melatih siswa untuk membaca memahami dan berbicara atau berdiskusi dengan beberapa tahapan sehingga dengan semakin sering siswa melakukan hal demikian maka nantinya akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas sehingga kehadiran dan peran peneliti sangat diperlukan di lapangan. Penelitian dilaksanakan dikelas X IPS 1 SMA Lab UM dengan jumlah siswa 29 orang. Data yang diteliti yaitu fokus pada hasil belajar siswa dalam ranah kognitif saja. Pengambilan data penerapan model tersebut menggunakan instrumen lembar observasi kegiatan guru dan instrumen soal pre test dan post test. Berdasarkan data yang diperoleh terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hal demikian ditunjukan oleh Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada ranah Kognitif juga meningkat dari siklus 1 sebesar 71 03% % siklus 2 sebesar 79 31% dan siklus 3 sebesar 96 55%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru khususnya guru mata pelajaran ekonomi apabila ingin meningkatkan hasil belajar siswa maka bisa menerapkan strategi dengan model pembelajaran tersebut dan sangat cocok apabila diterapkan pada materi yang banyak teks bacaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39968

Actions (login required)

View Item View Item