Identifikasi hambatan penggunaan UKBM (Ubit Kegiatan Belajar Mandiri) mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X IPS di SMAN 4 Malang) / Retno Setyo Reni - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi hambatan penggunaan UKBM (Ubit Kegiatan Belajar Mandiri) mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X IPS di SMAN 4 Malang) / Retno Setyo Reni

Reni, Retno Setyo (2018) Identifikasi hambatan penggunaan UKBM (Ubit Kegiatan Belajar Mandiri) mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas X IPS di SMAN 4 Malang) / Retno Setyo Reni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Reni Retno Setyo. 2018. Identifikasi Hambatan Penggunaan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Penggunaan UKBM Ekonomi Hambatan Penggunaan UKBM Ekonomi Penyelenggaraan Satuan Kredit Semester (SKS) merupakan suatu upaya dalam meningkatkan pembelajaran yang inovatif sehubungan dengan itu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengadakan pembinaan implementasi kurikulum 2013 melalui pengembangan naskah dan salah satu diantaranya adalah Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). SMA Negeri 4 Malang merupakan salah satu sekolah yang sudah menggunakan UKBM di dalam pembelajarannya. Dalam penggunaan UKBM yang sangat baru terdapat hambatan yang dialami oleh guru maupun siswa sehingga peneliti disini ingin mengidentifikasi hambatan dari penggunaan UKBM Ekonomi. Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan penggunaan UKBM Ekonomi pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran Peneliti dalam penelitian ini sebagai perencana penelitian pelaksana penelitian pengumpul data penganalisis data dan pelapor hasil penelitian. Sumber data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan data yang digunakan adalah triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan tahap rancangan tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil dari penelitian ini adalah Hambatan Perencanaan Penggunaan UKBM Ekonomi di SMA Negeri 4 Malang meliputi pembuatan UKBM Ekonomi yang masih dilakukan secara bersama-sama perlu adanya sosialisasi lagi terkait dengan pembuatan UKBM sehingga nantinya guru bisa membuat UKBM secara individu. Hambatan Pelaksanaan dari Penggunaan UKBM Ekonomi meliputi kuranngnya kesiapan peserta didik di dalam penggunaan UKBM ekonomi hal ini dikarenakan peserta didik belum bisa menerapkan pembelajaran mandiri akibatnya pada saat peserta didik menerima materi kompetensi dasar Keseimbangan Pasar peserta didik mengalami kesulitan. Hambatan pada evaluasi penggunaan UKBM Ekonomi yaitu peserta didik yang sudah menyelesaikan UKBM harus menunggu peserta didik lainnya untuk melanjutkan di kompetensi dasar selanjutnya hal ini dikarenakan guru belum bisa memberikan layanan secara utuh sesuai dengan kemampuan dari peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39965

Actions (login required)

View Item View Item