Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi / M. Rifqi Lutfi Alhafidz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi / M. Rifqi Lutfi Alhafidz

Alhafidz, M. Rifqi Lutfi (2018) Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran ekonomi / M. Rifqi Lutfi Alhafidz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Alhafidz M. Rifqi Lutfi. 2018. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Agung Haryono SE MP Ak Kata kunci Media Pembelajaran Mobile Learning Android Ekonomi. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran sehingga dapat membantu siswa untuk menyiapkan dan menerima materi secara mandiri dalam belajar dimana pun dan kapan pun. Seiring dengan perkembangan teknologi salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk siswa yaitu smartphone. Banyak siswa yang menggunakan smartphone saat proses pembelajaran hanya untuk mengakses internet jejaring sosial dan bermain game sehingga siswa lebih suka menggunakan smartphone untuk bersenang-senang daripada belajar. Di MAN 1 Kota Malang belum tersedia media pembelajaran yang memanfaatkan smartphone karena dalam penggunaan media yang digunakan oleh guru berupa buku manual dan power point sehingga dengan adanya media pembelajaran yang dikembangkan guru berharap produk dari media tersebut dapat menyelesaikan hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Mobile Learning berbasis android pada pokok bahasan peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi sebagai media pembelajaran ekonomi secara mandiri pada siswa kelas X IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall yang ada sepuluh langkah namun dengan menyesuaikan kondisi lapangan keterbatasan waktu tenaga dan biaya Peneliti hanya mengambil delapan langkah yaitu (1) penelitian awal dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4)validasi ahli (5) revisi produk hasil validasi ahli (6) uji coba lapangan terbatas (7) revisi hasil uji coba (8) produk akhir.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian uji kelayakanmenunjukkan bahwa persentase kelayakan dari validator ahli materi sebesar 86 15% yang berarti sangat layak digunakan dari validator ahli media sebesar 96% yang berarti sangat layak digunakan dari validator praktisi pembelajaran ekonomi (guru) sebesar 80 91% yang berarti layak digunakan dan siswa sebesar 78 67% yang berarti layak digunakan. Sehingga diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 85 43% yang berarti aplikasi mobile learning berbasis androidsangat layak untuk digunakan. Beberapa saran pengembangan guna kesempurnaan produk lebih lanjut yakni menambahkan tampilan yang lebih menarik berupa animasi atau video menambahkan materi lain dan perlu dilakukan uji coba produk sehingga dapat diketahui tingkat efektifitas produk media pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39963

Actions (login required)

View Item View Item