Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian barang konsumsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Retno Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian barang konsumsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Retno Wahyuningsih

Wahyuningsih, Retno (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian barang konsumsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Retno Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wahyuningtias Retno. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Barang Konsumsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Angkatan 2018 Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati S.pd M.Pd Kata Kunci keputusan pembelian rasionalitas berkonsumsi strategi pemasaran faktor psikolois faktor situasional faktor sosial. Setiap individu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi demi menjaga kelangsungan hidupnya. Seiring berkembangnya teknologi yang semakn modern produk yang ditawarkan produsen semakin beragam dan persaingan usaha semakin ketat sehingga untuk menghadapinya produsen membuat strategi pemasaran. Konsumen harus mampu menaggapi hal tersebut dengan bersikap rasional dalam membuat keputusan pembelian. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor baik yang berasal dari individu konsumen itu sendiri maupun lingkungannya. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan dengan berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam membuat keputusan dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut. Pertama strategi pemasaran yang digunakan oleh para produsen meliputi produk harga promosi dan tempat. Penilaian terhadap produk berdasarkan pada manfaat kualitas dan selera. Penilaian terhadap harga berdasarkan pada kualitas membandingkan dengan budget yang dimiliki dan membandingkan dengan harga produk sejenis. Jenis promosi yang paling berpengaruh adalah promosi penjualan yang berupa diskon dan publisitas. Tempat berbelanja kesukaan mereka adalah yang memiliki sarana prasarana yang lengkap serta suasananya yang nyaman. Kedua faktor psikologi yang terdiri dari motivasi persepsi dan pembelajaran. Motif yang mendorong untuk membeli produk yaitu karena modelnya yang lucu mengikuti trend dan sedang ada promo. Menurut persepsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 brand bukanlah hal yang penting asalkan produknya bagus dansesuai dengan budget yang dimiliki mereka akan membelinya. Pembelajaran ekonomi yang diperoleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 terbukti mampu membuat mereka lebih rasional dalam membuat keputusan pembelian. ii Ketiga faktor situasional yang terdiri dari waktu berbelanja dan sarana prasarana tempat berbelanja. Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 lebih suka berbelanja saat sore atau malam karena pada saat pagi sampai siang mereka harus kuliah maka sepulang kuliah adalah waktu yang tepat baginya untuk berbelanja . Sarana prasarana tempat berbelanja kesukaan mereka adalah yang lengkap dan bagus membuat mereka merasa betah dan nyaman saat berbelanja. Keempat faktor sosial yang terdiri dari keluarga teman sebaya dan budaya. Anggota keluarga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2016 karena sebelum membei suatu produk mereka akan meminta saran dari keluarga mereka. Teman sebaya juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena seringkali mereka pergi berbelanja bersama teman-temannya dan meminta pendapat teman tentang produk yang akan dibelinya serta mereka juga ingin memakai produk seperti yang dipakai oleh teman-temanya. Faktor budaya yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah nilai dan norma karena mereka akan mempertimbangkan apakah produk yang akan dibelinya apabila dipakai bertentangan atau tidak bertentangan dengan nilai dan norma yang ada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39961

Actions (login required)

View Item View Item